ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sponsor

 Space Iklan Kosong...!! Pajang iklan Anda disini Hubungi Redaksi


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang menggelar kegiatan peringatan Hari TBC sedunia yang dilakukan di gedung Gong-gong, Sabtu 24 Maret 2018.

Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM dalam sambutannya menyampaikan di Tanjungpinang terdapat 545 kasus  penderita TBC dan pasien  yang meninggal dunia sebanyak 6 kasus dan angka keberhasilan pengobatan secara tuntas sebesar 92,31%

"Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi Pemko Tanjungpinang untuk dapat menjaring penderita TBC agar dapat dilakukan penanganan secara intensif." Ungkapnya.

Peringatan hari TBC sedunia pada tahun ini mengambil thema "Peduli TBC, Indonesia sehat" dengan aksi Temukan Tuberkolosis Obati Sampai Sembuh (TOSS TBC). Kota Tanjungpinang dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. Tanjungpinang merupakan salah satu kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau yang berhasil menangani penyakit TBC yang diderita pasien. 

"Saya berharap melalui thema dan aksi ini seluruh masyarakat, lintas program dan lintas sektor dapat mendukung dan menempatkan TBC ini sebagai isu utamanya." lanjut Ariza.

Dalam kesempatan ini, seluruh RT dan RW merupakan ujung tombak untuk membantu pemerintah memberikan dan menyebarluaskan informasi tentang TBC kepada masyarakatnya, supaya penularan TBC dapat dicegah sejak dini dengan menggunakan masker bila ada masyarakat yang menderita TBC dan bagi warga yang batuk disarankan untuk memeriksakan diri ke Puskesmas atau ke klinik terdekat.

Peringatan Hari TBC Sedunia ini juga dilakukan penyerahan penghargaan kepada yang terbaik dan komitmen melakukan penanganan dan penuntasan penyakit TBC untuk tingkat Provinsi Kepri. Instansi yang mendapat penghargaan tersebut  yakni : Dinkesdalduk dan KB Kota Tanjungpinang, RSUD Tanjungpinang, Puskesmas Batu 10, dan Jumiati sebagai kader terbaik dari Kelurahan Pinang Kencana. 

Setelah dilakukan penyerahan penghargaan tersebut acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama pencegahan dan pengendalian TBC di Kota Tanjungpinang yang dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Walikota Tanjungpinang, Drs. Raja Ariza, MM, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Kepala Dinkesdalduk dan KB serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan peringatan Hari TBC sedunia ini diawali dengan Senam Sehat bersama yang juga diikuti oleh Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Handayani Ariza, Kepala Dinkesdalduk dan KB Kota Tanjungpinang, Forum RT/RW se-Kota Tanjungpinang dan warga masyarakat Kota Tanjungpinang. 

Kemudian dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat tentang pengetahuan kesehatan dan TBC yang diikuti oleh ketua RT dan RW se-Kota Tanjungpinang.

(Jef)

About Redaksi News

www.realitasnews.com Terwujud sebagai portal berita independen dan menyuguhkan informasi kepada masyarakat serta mengungkap fakta dengan data.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top