Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Pemkab Asahan telah mengekspose Informasi Laporan Penyelenggara Pemerintah Daerah (ILPPD) Kabupaten Asahan tahun 2017 melalui website Pemkab Asahan, hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemkab Asahan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran.
 
Ekspose itu tidak saja dilakukan melalui website tetapi pemkab Asahan juga menggelar ekspose ILPPD tahun 2017 kepada masyarakat dengan menggelar pertemuan di Gedung Olah Raga (GOR) Serbaguna, Kisaran, Asahan, Sumut pada Rabu 21 Maret 2018.

Pertemuan ekspose ILPPD tahun 2017 itu juga dihadiri oleh unsur FKPD, Wakil Bupati Asahan, Sekda, Ketua TP PKK, seluruh OPD Asahan, unsur tokoh masyarakat, OKP, LSM dan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Asahan

“ Saya berterima kasih dan memberi apresiasi kepada seluruh pegawai pemkab Asahan yang telah meningkatkan kinerjanya melayani masyarakat dan melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Asahan, seluruh OPD harus selalu berinovasi dalam merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan kepada masyarakat dengan lebih mengedepankan prinsip tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran,” kata Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang pada kegiatan Ekspos ILPPD tahun 2017 yang dihadiri puluhan   masyarakat Asahan.
 
Kegiatan ini bertajuk “Ekspose Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) Kabupaten Asahan Tahun 2017 dan Pemantapan Pelaksanaan Tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan bagi Aparatur Pemerintah Tahun 2018.
 
Pada kesempatan itu Bupati Asahan dengan tegas menyebutkan bahwa dia sangat memberi apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab Asahan lantaran realisasi anggaran pada tahun 2017 lalu, belanja publik lebih tinggi dari pada anggaran untuk belanja apratur.
 
“Realisasi pendapatan daerah tahun 2017 sebesar Rp 1.487.878.667.448,12 dan realisasi belanja daerah Rp 976.834.645.157,50, sedangkan capaian belanja daerah untuk kebutuhan pembangunan dan kemasyarakatan pada tahun 2017 lebih tinggi dari belanja aparatur, untuk belanja aparatur sebesar Rp 690.438.391.519,50 sedangkan belanja publik Rp. 972.256.467.283,63,” katanya.

Orang nomor 1 di Kabupaten Asahan ini menyebutkan bahwa hal tersebut jarang terjadi untuk itu ia berharap agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Asahan dapat mempertahankannya.

“ Di daerah lain maupun di Asahan hal ini jarang terjadi, biasanya belanja aparatur yang lebih tinggi dari pada belanja publik, untuk itu saya beri apresiasi kepada seluruh jajaran Pemkab Asahan, saya berharap prestasi ini harus kita pertahankan,” katanya sambil disambut riuh tepuk tangan seluruh pegawai yang hadir dalam kegiatan itu.

Bupati Asahan juga juga memaparkan bahwa ia bersama Wakil Bupati Asahan akan menuntaskankan seluruh Program kerjanya tahun 2016 – 2021

Adapun program kerja tersebut adalah :
 
  1. Pembangunan kawasan perumahan rakyat
  2. Pembangunan infrastruktur.
  3. Pembangunan kawasan taman kota,
  4. Jalan usaha tani, dan saluran irigasi serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung pariwisata,
  5. Pembangunan sport center dan Kolam Renang di lokasi Lap. PSBD Kisaran yang keseluruhannya akan dilaksanakan dengan metode pembangunan 12 dan 13 Kecamatan.
Dipenghujung sambutannya, Bupati Asahan berharap agar TP. PKK dari mulai tingkatan terkecil supaya dapat memberikan saran dan masukan kepada pemerintah tentang pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di daerahnya sebagai bentuk fungsi TP. PKK yang merupakan mitra kerja pemerintah.
 
Sebelumnya, dalam laporannya Plt Sekda Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan pertemuan ini sesuai amanat dari UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, PP No. 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan kepada Masyarakat serta Perda Kab. Asahan No. 4 Tahun 2016 tentang RPJMD Kab. Asahan 2016 – 2021.

Dipenghujung kegiatan ini dilakukan penyerahan SPPT P2 PBB kepada Camat yang berhasil meraih target penerimaan PBB diatas 100 persen.

(SR/Nes)

Posting Komentar

Disqus