Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


BINTAN. Realitasnews.com – Ribuan masyarakat Bintan yang didominasi dari Jawa memadati Taman kota Kijang, Kecamatan Bintan Timur untuk menyaksikan Pagelaran Wayang Semalam Suntuk yang diadakan oleh Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu, Sabtu malam (18/11/2017).

Pagelaran Wayang Semalam Suntuk ini dibuka oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi dengan menyerahkan Lakon Wayang Yudistira  kepada Dalang Sutarso Al Darko asal Banyumas dengan judul cerita Pendowo Membangun Candi Sapto Argo ( Pemimpin membangun daerahnya ).
 
Yudistira adalah salah satu tokoh dalam wiracarita Mahabharata,  Ia seorang raja yang memerintah kerajaan Kuru, dengan pusat pemerintahan di Hastinapura. Dalam kitab Mahabharata, ia juga disebut dengan nama Bharata. (keturunan Maharaja Bharata). Yudistira juga dikenal dengan sebutan Dharmaraja, yang bermakna 
" Raja Dharma ", karena ia selalu berusaha menegakkan Dharma di sepanjang hidupnya.
 
Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa Wayang Kulit merupakan suatu budaya yang sudah dikenal oleh Dunia Internasional. Wayang Kulit juga merupakan sebuah identitas dan juga sebuah jati diri bagi Negara dan Bangsa. Dirinya juga menuturkan bahwa melalui pertunjukan Seni dan Budaya, kita dapat lebih memahami tentang diri kita.
 
" Wayang Kulit merupakan sebuah Identitas Seni dan Budaya Indonesia yang sudah mendunia. Pagelaran Wayang Kulit juga mengajarkan dan mengenalkan kepada generasi muda, tentang identitas dan jati diri sebuah Bangsa yang berbudaya " ujarnya.
 
Hal senada dikatakan oleh Ketua Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu dr.Gama Isnaini yang menyebutkan bahwa pagelaran Wayang Kulit bertujuan meningkatkan silaturahmi sekaligus melestarikan seni budaya Indonesia khususnya Budaya Jawa.
 
" Kegiatan ini, untuk meningkatkan tali silaturahmi sekaligus melestarikan Seni dan Budaya Jawa. Selain pagelaran Wayang Semalam Suntuk, Kerukunan Keluarga Jawa Puji Rahayu juga akan mengadakan Bakti Sosial di masyarakat " tutupnya.
 
Hadir pada kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan Trijono, Jajaran Kepala OPD Kabupaten Bintan, Camat Bintan Timur, Lurah, dan Tokoh Masyarakat sekitar.
 
(hms)

Posting Komentar

Disqus