Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


TANJUNGPINANG, Realitasnews.com
- Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menempatkan Kota Tanjungpinang masuk dalam kategori satu dari sejumlah kabupaten dan kota yang menerima predikat kota sehat se-Indonesia 2017.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam Efendi, di Tanjungpinang, Minggu, (26/11/2017) mengutarakan, Tanjungpinang mendapatkan penghargaan Swasti Saba sebagai kota sehat dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan, 28 November 2017 mendatang di Jakarta Pusat.

Sekarang sudah dapat diakui Tanjungpinang merupakan kawasan pemukiman dengan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung kesehatan warganya,” katanya.

Rustam menjelaskan upaya mengejar predikat kota sehat sudah dilaksanakan sejak 2 (dua) tahun sebelumnya, dengan menjalankan program Dinas Kesehatan, serta visi dan misi Wali Kota dan Wakil Walikota Tanjungpinang.

Penghargaan diberikan melihat kondisi faktual kota Tanjungponang dari berbagai bidang program kota sehat,” katanya.

Untuk meningkatkan mutu Tanjungpinang sebagai Kota Sehat, lanjut Rustam, Pemerintah Kota membentuk Forum Kota Sehat berdasarkan SK Wali Kota Tanjungpinang No 32 Tahun 2014 tentang pembentukan Tim Pembina Kota Sehat dan SK Wali Kota Tanjungpinang No 33 Tahun 2014 tentang pembentukan Forum Kota Sehat.

Dengan mengedepankan Tatanan Pemukiman Sarana dan Prasarana Sehat dan Kehidupan masyarakat yang sehat dan Mandiri,” ujarnya.

Capain target kota sehat, yang dimasukkan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang dalam penilaian kota sehat, yakni berupaya menekan Angka Kematian Bayi, Angka Kematian Ibu Melahirkan, Pravelensi TB Paru, Pravelensi HIV pada Populasi Dewasa, Angka Kesakitan DBD, Kasus Diare, Kasus Rawan Gizi, Program Kelurahan yang melaksanakan air bersih, Kelurahan yang melaksanakan program imunisasi, dan menerapkan kawasan bebas adap rokok.

Selain itu beragam progam pencapain dan penilaian kota sehat yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang, di antaranya, Program Bedah Pohon, Bedah Jamban, Kenduri Air, Bedah Sumur, Uji Emisi Program Langit Biru.

Atas upaya itu kota Tanjungpinang mendapatkan juara 2 kategori kota sedang dan kecil evaluasi kualitas udara perkotaan 2016 dari pemerintah pusat.

Harapan saya, masyarakat bersama pemerintah dapat terus meningkatkan terwujudnya Kota Tanjungpinang sebagai tempat yang nyaman, aman, bersih dan sehat untuk didiami seluruh warganya,” katanya.

Rustam memaparkan penilaian pusat terhadap lingkungan Kota Tanjungpinang, sehingga mendapatkan predikat kota sehat setelah menilai kondisi udara bersih karena asap kendaraan bermotornya terkendali, tertatanya penghijauan kota, dan beberapa ivent yang menjadi rutinitas masyarkat untuk menjaga kesehatan.

Seperti car free di Anjung Cahaya, Taman Laman Boenda dan Ocean Corner rutin setiap minggu pagi. Pohon penghijauannya semakin banyak dan merata, serta pengelolaan sampahnya bagus, itu menjadi penilaian panitia,” ujarnya.

(Antara/Lian)


Posting Komentar

Disqus