Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


BINTAN, Realitasnews.com - Bupati Bintan H Apri Sujadi, S.Sos mengatakan bahwa sesuai laporan dari Dinas PMD kabupaten Bintan kepadanya bahwa Dana Desa yang berasal dari APBN untuk tahap ke dua sudah 97 % terealisasi ke seluruh rekening desa yang ada di Kabupaten Bintan.

Ia mengharapkan agar seluruh Desa di Kabupaten Bintan mampu menyerap Alokasi Dana Desa (DD) semaksimal mungkin dengan meminimalisir sisa penggunaan anggaran.

Tahun 2017 ini, katanya, Anggaran Dana Desa (DD) Kabupaten Bintan yang berasal dari Anggaran APBN mengalami peningkatan sebesar Rp 7,3 milyar dari tahun sebelumnya. Maka kita berpesan agar pengelolaan Keuangan Desa dapat menyerap anggaran dengan baik dengan melakukan prinsip keuangan yang akurat, transparan, akuntabel dan sejalan dengan semangat reformasi birokrasi yang kita inginkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan Ronny Kartika, S.STP yang ditemui di Kantor Dinas PMD Kabupaten Bintan, Bandar Seri Bentan, Kamis siang (23/11/2017) mengatakan bahwa data sementara per November 2017 sebanyak 36 Desa  yang tersebar di Kabupaten Bintan telah menyerap anggaran dana desa (DD) berkisar 89% di DD APBN Tahap I Tahun 2017.

Dari DD Tahap I, dikatakannya,  Alokasi Anggaran APBN yang diperuntukkan bagi 36 Desa di Kabupaten Bintan berkisar 18,9 Milyar Rupiah. Adapun berbagai data realisasi pembangunan meliputi pembangunan jalan desa 22,897 km, Drainase 444,3 km, Jembatan 15 m, Tembok Penahan Tanah 625 m, Posyandu 11 Unit, Paud 15 Unit, Kios Desa 1 Unit, Internet Desa 3 Unit, Air Bersih 13 Unit, Tambatan Perahu 5 Unit, Taman Belajar  5 Unit, dan lain sebagainya.

" Alokasi Anggaran Dana Desa (DD) dari APBN Tahun 2017 akan diberikan melalui 2 kali tahapan, yakni 60 persen di bulan Juni dan 40 persen lagi terhitung bulan Oktober sudah terealisasi dengan baik hampir ke semua desa " ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa Total DD Kabupaten Bintan yang berasal dari APBN Tahun 2017 yaitu Rp 31,5 milyar,- dan transfer alokasi dibagi dalam 2 tahapan yaitu tahap I dengan alokasi sebesar Rp 18,9 miliar,-  dan tahap II dengan alokasi sebesar Rp 12,6 miliar.  Adapun dari DD Tahap I, Rp 16,8 miliar,-  telah digunakan bagi Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat.

" Kemarin kita melakukan monitoring diseluruh desa, data sementara per November 2017 realisasi tahap I digunakan bagi Pembangunan Desa sebesar Rp 11,4 milyar,-  dan Pemberdayaan Masyarakat sebesar Rp 4,6 milyar,- " tutupnya

(R/Lian)

Posting Komentar

Disqus