Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



BATAM, Realitasnews.com - Ketua LKKS Kepri Hj Noor Lizah Nurdin Basirun mengajak kaum perempuan untuk melakukan upaya pencegahan penyakit kanker. Upaya utamanya adalah dengan mencegah masyarakat agar terhindar dari penyakit kanker dan mencegahnya sedini mungkin dengan melakukan pemeriksaan secara rutin.

“Saya berharap agar seluruh ibu-ibu kader posyandu untuk tidak perlu takut dan malu untuk melakukan pemeriksaan secara dini agar terhindar dari kanker,” kata Noor Lizah saat menghadiri sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian/Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim dan Kanker Payudara Melalui Tes IVA dan SADANIS yang digelar di Aula Mitra Mall, Batuaji Kota Batam, Sabtu (25/11/2017).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh anggota DPRD Kepri Irwansyah, Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana, Kepala Dinas Sosial Kepri Doli Boniara dan Ketua Forum Komunikasi Kader (FKK) Posyandu Kecamatan Sagulung Mardiana. Sementara untuk pengehatuan masalah kanker disampaikan dr. Indra Hidayat Siregar, seorang Konsultan Bedah Onkologi Khusus Kanker.
 
Kegiatan ini salah satu program Pemko Batam melalui Dinas Kesehatan Kota Batam dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan provinsi Kepri dan Yayasan Kanker Indonesia Kepri, Female Cancer.
 
Ia mengatakan pencegahan dan pengendalian/deteksi dini pada ibu-ibu kader Posyandu dan masyarakat aktif di Posyandu wilayah Batuaji dan Sagulung berjumlah sekitar 300 orang. Di Kecamatan Batuaji terdapat 58 Posyandu yang baru selesai dibangun dan direhab.
 
Noor Lizah menambahkan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberitahukan kepada ibu-ibu kader posyandu bahwa betapa pentingnya pemeriksaan IVA dan SADANIS sejak dini. Hal ini berguna untuk mengetahui adanya gejalan kanker mulut rahim maupun kanker payudara.
 
Noor Lizah juga memaparkan data WHO bahwa penyakit Kanker merupakan penyebab kematian nomor 2 terbanyak di dunia. Sementara di Indonesia setiap 1 jam seorang wanita meninggal dunia karena kanker serviks.
 
Data terakhir yang dihimpun oleh Yayasan Kanker Indonesia Provinsi Kepri dari hasil scaning IVA dan SADANIS untuk usia 30-50 tahun pada bulan September 2017 diperiksa 14.610 orang dan ditemukan Lesi Prakanker sebanyak 198 orang, pada bulan Oktober 2017 diperiksa 1.639 orang dilakukan pemeriksaan dan terdeteksi IVA positif 12 orang serta tes SADANIS ada 15 orang terdapat benjolan.
 
“Kanker merupakan penyakit yang tidak diketahui penyebab pastinya, namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti paparan asap rokok, mengkonsumsi alkohol, obesitas dan diet yang tidak sehat,” kata Noor Lizah.
 
Dalam pada itu, anggota DPRD Kepri Irwansyah mengatakan, saat peresmian posyandu di perumahan Griya Batujai, dia sempat menanyakan apa yang menjadi kebutuhan seluruh kader posyandu. Saat itu pada kader posyandu mengharapkan dilaksanakannya pemeriksaan Kanker Mulut Rahim dan Kanker Payudara.
Irwansyah berharap seluruh kader Posyandu bisa melakukan pemeriksaan guna mencegah secara dini. Tujuannya juga untuk pencegahan dan deteksi dini sehingga kesehatan khususnya ibu-ibu kader posyandu terjamin.
 
(R/Lian)

Posting Komentar

Disqus