ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sponsor

 Space Iklan Kosong...!! Pajang iklan Anda disini Hubungi Redaksi
Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH (Fhoto : Humas Polda Kepri )

BATAM, Realitasnews.com – Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH memimpin upacara HUT peringatan HUT Korps Brimob ke 72 tahun 2017 yang digelar di lapangan upacara Mako Brimob Polda Kepri, Selasa pagi (14/11/2017) sekira pukul 08.00 Wib.

Upacara itu juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Kepri yang mewakili, Wakapolda Kepri, Unsur Forkopinda Provinsi Kepri, Para Pejabat Utama Polda Kepri, Para Kapolres/Ta, Para Sesepuh, Purnawirawan, dan Warakawuri Korps Brimob Polri, Para Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Korps Brimob Polri dan para peserta upacara.

Dalam sambutannya Kapolda Kepri, Irjen Pol Drs Sam Budigusdian MH menyampaikan amanat dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D yang menyampaikan Korps Brimob Polri adalah Satuan Elite Kepolisian yang telah berkontribusi aktif bagi bangsa dan Negara Indonesia semenjak masa perjuangan kemerdekaan.

“Karena itu, keberadaannya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari sejarah berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berawal dari masa penjajahan Jepang yang membentuk satuan pasukan berkemampuan militer yang terlatih, berdisiplin tinggi, dan terorganisir dengan sangat baik dan dikenal dengan sebutan Tokubetsu Keisatsu Kai,”katanya.

Pasukan inilah yang menjadi cikal bakal Brimob Polri, dimana pasca kekalahan Jepang kepada sekutu yang ditandai dengan Kemerdekaan RI,pasukan ini berganti nama menjadi Mobile Brigade Atas Inisiatif Wakapolri saat itu Komisaris Polisi Tingkat I Soemarto.

Pada masa perang mempertahankan kemerdekaan, Satuan Mobile Brigade ikut serta dalam berbagai operasi penumpasan pemberontak dengan berbagai ukiran prestasi yang membanggakan. Sehingga pada14 Nopember1961, Presiden RI Ir. Soekarno menganugerahkan penghargaan berupa Nugraha Cakanti Yana Utama, sebagai penghargaan tertinggi pemerintah atas pengabdian Mobile Brigade.

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi sebuah symbol dan komitmen kuat dari Brimob Polri yang di dalamnya terkandung nilai semangat juang, kesetiaan, dan patriotism kepada masyarakat, bangsa, dan Negara Indonesia. Citra baik Polri ini dapat terus ditingkatkan oleh seluruh personel kepolisian, khususnya Brimob Polri melalui berbagai perannya dalam mengatasi kejahatan berintensitas tinggi, serta dalam berbagai pelayanan Kepolisian di banyak medan penugasan.

Hal ini juga sejalan dengan thema peringatan HUT ke-72 Korps Brimob Polri tahun 2017, yakni Dengan Semangat Sinergitas, Korps Brimob Polri Mewujudkan Promoter, Untuk Meraih Kepercayaan Masyarakat.Thema ini mengindikasikan peran penting Brimob melalui berbagai kegiatan dan upayanya dalam mewujudkan Polri yang semakin Profesional, Modern, Dan Terpercaya.


 
Dalam era demokratisasi saat ini, penting bagi Polri untuk meraih kepercayaan masyarakat, terlebih di tengah dinamika tantangan tugas yang semakin berat dalam menangani kejahatan berintensitas tinggi. Tantangan tersebut akan menjadi bagian dari tugas Brimob Polri seperti penanganan Kelompok Terorisme maupun Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pada beberapa wilayah di tanah air, penanganan konflik sosial, maupun gangguan Kamtibmas lain yang memerlukan kehadiran pasukan Brimob Polri.

Oleh sebab itu, Brimob Polri perlu untuk selalu menjaga kualitas dan kemampuannya disertai dengan pemenuhan kebutuhan sarana prasarana termasuk persenjataan. Ancaman dari kelompok teroris dan kelompok criminal bersenjata yang terjadi di Indonesia adalah ancaman nyata yang perlu ditanggulangi secara professional oleh Polri.Tanpa adanya persiapan dari segi kemampuan personel, perencanaan, sarana dan prasarana, serta sinergi dengan seluruh stakeholders terkait, maka ancaman tersebut akan sulit untuk diatasi. Selain itu, saya juga mengharapkan agar Brimob Polri dapat berperan aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam penanganan bencana alam seperti dalam penanganan bencana alam gunung Sinabung dan gunung agung. Brimob polri dapat  memberikan bantuan evakuasi dalam bentuk kegiatan SAR, maupun untuk hadir memberikan pelayanan keamanan di daerah rawan bencana.

Kedepan ada beberapa agenda Nasional maupun Internasional yang akan segera kita hadapi, seperti pelaksanaan pengamanan Pilkada Serentak 2018, Imf-World Bank Annual Meeting 2018, maupun Asian Games 2018.

Agenda tersebut juga memerlukan pelibatan Brimob Polri dalam pengamanannya. Untuk itu, saya tekankan kepada Satuan Brimob di seluruh Indonesia untuk saling bahu membahu melakukan pengamanan dan saling memback-up antara satu dengan lainnya, sehingga pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan dapat berjalan dengan aman dan lancar. Tunjukkan bahwa Brimob Polri adalah satuan yang solid, berintegritas, loyal, dan dapat diandalkan oleh Bangsa dan Negara.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, selaku Pimpinan Polri saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh personel brimob, atas segala dedikasi yang telah ditunjukkan selama ini. Brimob Polri telah aktif berperan dalam menjaga kamtibmas sebagaimana telah ditunjukkan dalam pelaksanaan operasi Tinombala, berbagai pengamanan aksi unjuk rasa di tanah air, maupun dalam kegiatan Tour De Java, yang diselenggarakan sebagai bagian dari penelusuran kembali jejak-jejak historis yang bernilai penting dalam sejarah Brimob dan Polri pada umumnya.

Momentum keberhasilan ini, hendaknya dapat terus dipelihara dan ditingkatkan, sehingga keberadaan Brimob Polri akan semakin meningkatkan Citra Polri di mata masyarakat.

Kapolri Jenderal Polisi H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D menekankan beberapa hal kepada seluruh personel Brimob di mana pun berada, yaitu:
Pertama, sebagai hamba yang beriman, tingkatkan selalu ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, sehingga rahmat dan hidayah-nya dapat selalu menyertai setiap langkah pengabdian.

Kedua, pelihara terus semangat soliditas dan pengabdian yang telah dibangun selama ini serta jangan sekali-kali menodai perjuangan Brimob Polri dengan perbuatan-perbuatan yang dapat menciderai kehormatan Korps Brimob Polri.
Ketiga, Profesionalisme tidak dapat diraih begitu saja tetapi harus diwujudkan dengan pelatihan yang keras, berat, dan ikhlas. Tingkatkan kemampuan, wawasan, dan pengetahuan, sehingga dapat bermanfaat dalam setiap penugasan.

Kelima, jalin hubungan kerja sama dan sinergi dengan satuan TNI, satuan kewilayahan, unsure pemerintah daerah, dan unsure terkait lainnya, serta seluruh komponen masyarakat melalui berbagai kegiatan bersama yang bermanfaat.

Keenam, sebagaimana motto jiwa ragaku demi kemanusiaan, laksanakan setiap tugas dengan penuh kesungguhan, keikhlasan, dan rasa tanggung jawab. Brimob Polri merupakan satuan elite yang menjadi kebanggaan yang bukan semata dimiliki oleh institusi Polri saja, melainkan menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia.

(Humas Polda Kepri)

About Redaksi News

www.realitasnews.com Terwujud sebagai portal berita independen dan menyuguhkan informasi kepada masyarakat serta mengungkap fakta dengan data.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top