Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Bale Bale Di Selan Konki Rubuh Diterjang Angin Kencang (Fhoto : Istimewa)

LINGGA,  Realitasnews.com Warga Selat Konki saat ini sangat mengeluh lantaran bale bale yang biasa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar ibu ibu rumah tangga dan anak anak warga Suku Laut. Bale-bale tersebut roboh akibat cuaca ekstrim, lima unit meja belajar terbengkalai begitu saja, pemkab Lingga tidak memperbaikinya bahkan melimpahkannya ke provinsi Kepri.

Dona salah seorang warga kepada sejumlah awak media mengatakan sejak roboh akibat angin barat dulunya, begitulah sampai sekarang dan tak kunjung diperbaiki.

"Gitu lah, sampai sekarang belum diperbaiki. dari ujung sampai pelantar ini, dulu belajar di bale-bale,"ujar Dona,  Jumat (12/5/2017).

Menurutnya warga Selat Kongki berharap bangunan tersebut segera dibangun. Sehingga ibu-ibu di Selat ini, senang belajar, baik waktu siang ataupun waktu hujan. Dona, mengaku, dulu sempat pemerintah kabupaten Lingga merencanakannya akan membangunnya. Namun sampai sekarang belum kunjung dibangun.

"Tak tahu juga Pak. Berharap dibangunlah,"ujarnya. Ditempat yang sama, anggota pejuang buta aksara di Desa Pena'ah, Darlisa mengatakan belum tahu pasti, kenapa bangunan tersebut tak kunjung di bangun.

"Sejak bangunan roboh, terkendala untuk belajar mengajar ke warga di Selat,"ujarnya.
Menurut Darlisa dulu memang sudah ditanggapi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Namun karena ketidak sanggupan Kabupaten Lingga, dilimpahkan ke Provinsi.

" Kami berharap segera dibangun,"ujarnya. Ditempat yang sama, Densi Diaz menambahkan, BPBD bakal turun untuk mengecek sekaligus, bakal membangun bale-bale ini dua minggu lagi.

"Kemarin saya sudah jumpa Pak Khatab. Katanya proposalnya nak jolok dana di Provinsi. Dua minggu lagi turun,"ujarnya.(GL/Lian)

Post a Comment

Blogger Disqus