Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



Gubernur Kepri, Nurdin Basirun Melepas Tukik (Fhoto : Istimewa)
ANAMBAS, Realitasnews.com – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melepaskan sebanyak 4.109 ekor tukik ke laut dalam kegiatan puncak festival Padang Melang 2017 yang digelar di pantai Padang Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (13/5/2017).

Pelepasan ribuan tukik ini mampu menembus rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dan menembus rekor dunia. Pelepasan tukik ini mengalahkan rekor yang sebelumnya dicatat oleh Maluku sebanyak 3.047 ekor.

Adre Purwandono perwakilan MURI mengatakan Anambas berhasil memecahkan rekor pelepasan tukik terbanyak dan merupakan yang pertama kali dilakukan di Anambas.

"Anambas berhasil memecahkan rekor pelepasan tukik terbanyak. Ini pertama kali dilakukan di Anambas," kata Andre Purwandono.

Awalnya target pelepasan tukik sendiri sebelumnya berjumlah 5.000 ekor untuk memecahkan rekor MURI namun setelah dihitung dengan teliti oleh pihak panitia, ternyata tukik itu hanya berjumlah 4.109 ekor dan itu sudah cukup untuk memecahkan rekor MURI, atau rekor sebelumnya.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun kepada sejumlah awak media mengatakan bahwa pelepasan  tukik ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Provinsi Kepri terhadap pelestarian satwa langka yang terdapat di pulau Jemaja. Penyu merupakan satwa yang semakin langka dan patut dilestarikan.

Ia juga menyebutkan bahwa daerah Anambas, khususnya pantai Padang Pulau Jemaja dapat menjadi wisata bahari bertaraf internasional.

Pelepasan tukik ini disaksikan oleh ribuan pengunjung baik masyarakat Kepulauan Anambas maupun masyarakat luar. Pengunjung memadati sepanjang pantai yang memiliki garis pantai terpanjang se Kepri tersebut, sepanjang 7 KM yang terdiri dari wisatawan maupun masyarakat setempat.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun usai melepas segerombolan tukik, ia langsung menuju pantai, bermain kano, kemudian menceburkan diri dan ikut berenang membaur bersama masyarakat setempat. Melihat Gubernur Kepri, Nurdin Basirun berenang menikmati pantai Padang pulau Jemaja, Bupati Anambas Abdul Haris dan Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra dan seluruh peserta yang hadir di pantai tidak mau ketinggalan mereka langsung turun ke laut ikut berenang dengannya.

(TB/IK/lian)



Posting Komentar

Disqus