Ads (728x90)

Dilihat 0 kali




LINGGA, Realitasnews.com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Lingga menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Karang Taruna yang dilaksanakan di Aula Hotel Lingga Pesona, Selasa (20/8/2019) malam.

Bimtek itu dibuka oleh Bupati Lingga, Alias Wello yang diwakili oleh Asisten III Setda Lingga, Siswandi dan dihadiri oleh anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Bintan Lingga, Kadis DPMD Kabupaten Lingga, Camat, Lurah, Kades serta para peserta bimtek yang merupakan para pemuda tempatan serta pengurus Karang Taruna dari setiap desa di Kabupaten Lingga.

Dalam Bimtek itu bertindak sebagai narasumber ari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kepri, Ketua Karang Taruna Kota Batam, pengurus Karang Taruna Provinsi Kepri, serta nara sumber lainnya dari Kabupaten Lingga.

Bupati Lingga dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten III Bupati Lingga, Siswandi mengatakan, Karang Taruna ini sendiri ialah merupakan organisasi sosial kemasyarakatan yang sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggungjawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Ia  menyebutkan tugas pokok Karang Taruna adalah secara bersama-sama dengan pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan pemerintah Kabupaten/ Kota, serta masyarakat lainnya menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial.

 

Selain sebagai wadah, lanjutnya,  pengembangan generasi muda, Karang Taruna juga merupakan tempat terselenggaranya berbagai upaya kegiatan untuk meningkatkan dan mengembangkan cinta, rasa, karsa dan karya generasi muda dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 12 tahun 2016 tentang lembaga pemasyarakatan desa dan lembaga adat desa, dikatakan bahwa Karang Taruna adalah salah satu lembaga yang termasuk dalam lembaga pemasyarakatan desa yang memiliki fungsi antara lain menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat; menanamkan dan memupuk rasa persatuan dan kesatuan masyarakat; meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan pemerintah desa dan masyarakat desa; menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan, dan mengembangkan hasil pembangunan serta pastisipatif; menumbuhkan, mengembangkan dan menggerakkan prakarsa partisipasi berswadaya serta gotong royong masyarakat; serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Mudah-mudahan, kegiatan ini bukan saja kegiatan seremonial semata, tapi juga mampu mendatangkan manfaat yang besar bagi masyarakat, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik itu di lingkungan masyarakat kecamatan, kelurahan dan desa. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat seperti yang kita harapkan.

Setelah menyampaikan sambutannya dan Asisten III membuka acara bimbingan teknis Karang Taruna ini acara dilanjutkan dengan penyampaian dan penjelasan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kepulauan Riau kepada para peserta bimbingan teknis.
(MC/Jhoni)

Post a Comment

Disqus