Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Reaslitasnews.com – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan menggelar Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Asahan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2019 yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan, Rabu (28/08/2019).

Festival itu dihadiri oleh Plt Bupati Asahan H Surya Bsc  Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan Ketua TP PKK Kecamatan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan Ir. Amir Husein Siregar., MMA

Dalam sambutannya Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengatakan lomba Pangan Lokal B2SA dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarga yang beragam bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal tingkat kabupaten Asahan.
Festival Lomba Pangan Lokal B2SA ini dilaksanakan secara berjenjang mulai tingkat Kabupaten, Provinsi dan tingkat nasional.

“ Kami harapkan Dewan Juri dapat menilainya dengan adil dan sebaik-baiknya sehingga didapatkan pemenang yang mempunyai kwalitas,” katanya.

Melalui kegiatan ini, katanya, diharapkan penerapan prinsip B2SA tidak terbatas pada lomba saja tetapi diaplikasikan dalam komsumsi sehari-hari sehingga ibu-ibu PKK Kecamatan dapat menyebarluaskannya ke masyarakat.

Sementara itu Plt Bupati Asahan H Surya Bsc dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan Festival pangan lokal adalah upaya untuk meningkatkan ketersedian komsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) demi mewujudkan sumber daya manusia yang berkwalitas.
 
Beliau menyebutkan Festival pangan lokal ini dibuat untuk mendapatkan kebaikan pangan dan diharapkan minat meningkatkan komsumsi pangan lokal terus ditingkatkan serta mampu memberikan kesadaran masyarakat Asahan atas pentingnya komsumsi menu B2SA.
 
Pemkab Asahan, katanya, telah melakukan berbagai program atau kegiatan yang bermuara pada upaya pemantapan ketahanan pangan.

Beliau Menyebutkan Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) dikabupaten Asahan ini merupakan momen untuk meningkatkan pemahaman kepdulian dan menggalang kerja sama dengan pihak –pihak yang terkait dalam menciptakan innovasi teknologi pengolahan pangan dalam persaingan industri global sehingga diharapkan penerapan teknologi industri pangan dan pengolahan menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia di tahun 2045 dapat tercapai dan terlaksanakan dengan baik khususnya di kab upaten Asahan.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Asahan H Surya Bsc didampingi oleh Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan secara simbiolis memberikan bantuan peningkatan gizi balita dan memberikan penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara.

Plt Bupati Asahan H Surya Bsc didampingi oleh Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan OPD melakukan peninjauan di lokasi peserta Festival Pangan Lokal B2SA dan Stand UMKM Industri Olahan Pangan Lokal.

Selanjutnya meresmikan Aula Dinas Ketahanan Pangan Kab. Asahan ditandai dengan penandatanganan oleh Plt Bupati Asahan dan pemotongan pita oleh Plt Ketua TP PKK Kabupaten Asahan.
 
Serta pemberian hadiah kepada pemenang Festival B2SA Tingkat Kabupaten Asahan Tahun 2019 oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Asahan.(Nes)

Post a Comment

Disqus