Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com – Plt Bupati Asahan H Surya Bsc menghadiri panen raya padi sawah di Desa Serdang Kecamatan Meranti, Kec. Meranti, Sabtu, (24/08/2019).

Turut hadir dalam panen raya padi sawah ini,  anggota Komisi III DPR RI DR Hinca Panjaitan XIII., SH., MH., ACCS, Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Ketua Partai Demokrat Kabupaten Asahan, OPD terkait, Camat tekait, Kepala Desa Serdang dan Kelompok Tani Desa Serdang.

Dalam sambutannya Camat Kecamatan Meranti Darma Ginting., SE menyampaikan bahwa luas lahan pertanian yang ada di Kecamatan Meranti seluas 2.200 Ha, dan pada hari ini kita akan memanen seluas 457 Ha di Desa Serdang, yang mana ini merupakan panen pertama di tahun 2019 di Kecamatan Meranti.

Dikesempatan ini juga beliau menyampaikan rasa terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Meranti dan kepada Pemkab Asahan yang telah menambah debit air Sungai Bunut.

"Dengan ditambahnya debit air sungai bunut ini, maka hasil panen masyarakat Kecamatan Meranti bertambah,"katanya.

Beliau juga menyampaikan harapannya kepada Plt Bupati Asahan agar dapat membantu masyarakat Kecamatan Meranti dalam pengalihan lahan dari lahan sawit menjadi lahan tanaman padi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir Oktoni Eryanto MMA dalam sambutannya mengatakan Dinas Pertanian kabupaten Asahan akan terus melakukan langkah-langkah konkrit mewujudkan Swasembada dan Swasembada Pangan Berkelanjutan.

Kebijakan yang diimplementasikan dalam mendorong produksi dan produktivitas oleh Pemerintah yakni program upaya khusus Swasembada Komoditas, Akselerasi penggunaan alat mesin pertanian dan mekanisasi, Implementasi Pertanian modren, bibit unggul berorientasi tidak hanya meningkatkan produktivitas tapi juga adaptif terhadap cekaman Lingkungan.

Beliau menyebutkan program Swasembada dan peningkatan produktivitas akan dapat menjaga keseimbangan antara tujuan pencapaian kesejahteraan petani dan pemenuhan permintaan pasar . Pengelolaan cadangan pangan yang masif melalui serab gabah bekerja sama dengan Bulog perlu kita sambut baik sebagai jaminan Pemerintah atas harga, supaya pada saat panen raya seperti saat ini harga gabah tidak jatuh.

Tujuan kegiatan panen raya ini, lanjutnya, sebagai bentuk dukungan dan apresiasi pemerintah atas kerja keras petani dalam usaha mewujudkan Swasembada Pangan di Asahan dengan melaksanakan panen raya ini

Sebelum menyampaikan pidatonya Plt Bupati Asahan, Anggota Komisi III DPR RI dan tamu undangan menyerahkan secara simbolis bantuan alat semprot hands prayer kepada kelompok tani di Desa Serdang Kec. Meranti.

Ditempat yang sama Plt Bupati Asahan H. Surya., BSc pada pidatonya mengatakan bahwa telah terjadi penurunan luas lahan persawahan di Kabupaten Asahan sebagai penopang sumber pangan utama utama di Kabupaten Asahan. 

Sesuai hasil E-Reporting yang dikembangkan oleh Kementerian Pertanian dan dilaksanakan oleh Dinas Pertanian pada tahun 2018 luas baku sawah di kabupaten Asahan seluas 8.521 hektar, termaksuk 457 hektas sawah di dalam desa Serdang kecamatan Meranti ini , yang ditanami padi sawah dengan panen 2 kali setahun dengan irigasi setengah teknis.
 


Untuk memberikan dukungan serta perhatian yang besar Pemerintah telah memberikan Stumulant berupa bantuan sarana dan prasarana serta kegiatan mendukung peningkatan produksi dengan berbagai upaya diantaranya : bantuan alat pengolah tanah berupa traktor roda empat dan traktor roda dua dan bantuan pompa air, bantuan pestisida, serta bantuan alat panen berupa power thresser dan bantuan alat panen automatis berupa combine harvesterteloah diberikan ke desa ini sebanyak 2 unit.

Pada sambutannya itu, Plt Bupati Asahan H Surya Bsc dengan tegas mengatakan agar para petani tidak melakukan alih fungsi lahan khususnya lahan sawah, Seperti yang diatur dalam UU Nomor 41 tahun 2009 tentang Perlindungan lahan pertanian pangan berkelanjutan serta Perda Nomor 7 tahun 1999 tentang Pengaturan pemamfaatan lahan sawah dalam kabupaten Daerah Tingkat II Asahan.

Plt Bupati Asahan H Surya Bsc mengatakan sangat mendukung alih fungsi yang dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Meranti dari Kelapa sawit menjadi tanaman padi dan Pemerintah Kabupaten Asahan akan membantu masyarakat dalam pengalihan fungsi lahan tersebut.

Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan pada bimbingan dan arahanya mengatakan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia dari dulu sampai saat ini.

Beliau juga berharap kepada masyarakat Kab. Asahan dapat beralih fungsi lahan, yang mana dari lahan kelapa sawit menjadi lahan pertanian.

Kepada Pemerintah Kab. Asahan beliau berharapkan dapat menaikan debit air sungai bunut agar produksi padi yang ada di Kecamatan Meranti dapat meningkat.

"Kembangkan pertanian di Kabupaten Asahan", ucap Beliau diakhir pidatonya.

Diakhir acara Plt Bupati Asahan, Anggota Komisi III DPR RI dan tamu undangan melakukan panen raya di lokasi persawahan yang ada di Desa Serdang.

 (Nes)

Post a Comment

Disqus