Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Infokepri.com - Plt Bupati Asahan mengatakan terjadi penurunan luas lahan sawah, Lahan persawahan itu merupakan penopang sumber pangan utama di Kabupaten Asahan, menurut hasil E-Reporting yang dikembangkan Kementerian Pertanian dan dilaksanakan oleh dinas Pertanian Kabupaten Asahan, pada tahun 2018 diperoleh luas baku lahan sawah di Kabupaten Asahan 8.521 Ha dan 457 Ha berada di desa Serdang, Kecamatan Meranti yang ditanami padi dua kali dalam setahun.

Hal itu dikatakan Plt Bupati Asahan Surya saat pelaksanaan panen raya padi sawah didesa Serdang, Kecamatan Meranti yang dihadiri oleh anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan, Sabtu (24/8/2019).

Ia juga mengatakan, pemerintah telah memberikan Stumulant berupa bantuan sarana dan prasarana dalam mendukung peningkatan produksi padi di Kabupaten Asahan seperti pembangunan saluran irigasi Tersier dan jalan usaha tani.

"Pemkab Asahan mendukung penuh masyarakat yang beralih fungsi dari tanaman sawit menjadi tanaman padi sawah, "ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan anggota DPR RI Komisi III Hinca Panjaitan, mendukung penuh masyarakat Kecamatan Meranti untuk beralih fungsi lahan sawit menjadi lahan persawahan untuk menanam padi.

"Kabupaten Asahan merupakan salah satu lumbung padi yang ada di Indonesia dari dulu hingga sampai saat ini, "sebutnya.

Sementara itu, lahan pertanian yang ada di Kecamatan Meranti sekitar 2.200 Ha dan 457 Ha merupakan panen raya pertama pada tahun 2019. (GUS)

Post a Comment

Disqus