Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



SERGAI, Realitasnews.com –
Pemkab Sergai menggelar acara penyambutan Jamaah Haji Kloter 7 Embarkasi Medan di Asrama Haji Medan, Kamis, (29/8/2019) malam.

Turut hadir dalam menyambut Jamaah Haji ini, Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya, Hadi Winarno, MM, Kabag TU Kemenag Provsu H. David Saragih, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kabag Kesra Arianto, S.Pd, M.Si, para jamaah haji dan keluarga dari Jemaah Haji.

Ketua Kloter 7 Embarkasi Medan Drs H. Syarif Husen, S.Ag dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah seluruh Jemaah Haji Kloter 7 MES Embarkasi Medan saat berangkat berjumlah 391 jamaah, yang wafat satu orang atas nama Fatimah Zahara disebabkan circulatory diseases (jantung) dan dimakamkan di Sharaya, Makkah.

Ia menyebutkan satu orang Jamaah tawassul (mutasi masuk) dari kloter lain yaitu atas nama Nurlela Abdul Malik binti Abdul Malik asal Kabupaten Deli Serdang.

“Jumlah Jemaah Haji yang kembali ke tanah air pada hari ini adalah 391 jamaah dengan perincian 187 orang dari Kabupaten Sergai, 184 orang dari Kota Tebing Tinggi, 10 jamaah dari Kota Gunung Sitoli, dan 1 orang jamaah dari Kota Binjai,” katanya.

Para Jemaah Haji, katanya, didampingi TPHD/TKHD kabupaten/kota dan petugas TPHI dari Kementerian Agama pusat.

Sementara itu, Plh Bupati Sergai H Darma Wijaya dalam sambutannya mengatakan dirinya sangat bahagia dan bersyukur atas kepulangan Jamaah Haji Kloter 7 Embarkasi Medan pada hari ini yang sejak sore telah kami nantikan.

“ Alhamdulillah semua jamaah dari Sergai yang dipimpin oleh Ketua TPHD Ir H Soekirman senantiasa sehat wal’aat dan lancar melaksanakan ibadah haji hingga kembali saat ini. Selamat datang kembali ke tanah air para tamu Allah, semoga menjadi Haji yang mabrur dan mabrurah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua TPHD Sergai Ir H Soekirman mengungkapkan rasa syukur dan ucapan Alhamdulillah kami dari Kloter 7 Embarkasi Medan telah kembali ke tanah air dengan selamat dan sehat wal’aat.

Soekirman juga turut mengutarakan apresiasi terhadap pemerintah atas baiknya pelaksanaan dan penyelenggaraan haji tahun ini mulai dari keberangkatan, pemondokan, pelaksanaan ibadah haji sampai kepulangan berjalan lancar dan sukses.

Namun disampaikan usulan kepada pemerintah bahwa dipandang perlu jika ada kuota tambahan kiranya diprioritaskan kepada calon Jamaah Haji yang juga bersedia mendampingi calon Jamaah Haji resiko tinggi (Risti).

"Berdasarkan pengalaman banyak Jamah Haji Risti tersebut justru malah merepotkan jama’ah lainnya dikarenakan harus meluangkan waktu untuk ibadah juga harus menjaga jamaah Risti tersebut," tandasnya.

Acara diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada petugas kloter serta penyematan pin Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provsu secara simbolis kepada Jamaah Haji yang baru tiba.

Setelah Jamaah Haji asal Sergai berkumpul di Asrama Haji Medan, kemudian tibalah saatnya Jamaah Haji pulang kerumah dan disambut oleh keluarga masing-masing jemaah.

Begitupun dengan Ketua TPHD Sergai H Darma Wijaya, kepulangannya disambut penuh haru oleh seluruh keluarga, masyarakat dan jajaran OPD Sergai di kediamannya Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan.

Saat berada di kediamannya, Soekirman mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Sergai.

“ Berkat doa masyarakat, seluruh Jemaah Haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusuk dan pulang dalam keadaan sehat walaat,” katanya.

Lebih lanjut Soekirman mengatakan bahwa keberangkatannya berhaji sebagai TPHD dan menjadi TPHD melalui beberapa tahapan seleksi. Sempat terbesit dalam hatinya, apakah dirinya bisa melakukannya padahal sehari-harinya selalu dilayani dan sebagai TPHD harus melayani.

"Namun, semua dapat dilakukannya dengan baik," ungkapnya penuh haru.

(Red)

Post a Comment

Disqus