Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Petugas Memeriksa Granat Berbentuk Tabung (Fhoto : detik.com)
BANJARNEGARA, - Sebanyak 29 granat ditemukan di pekarangan rumah Riyanto (53) warga Desa Kebanaran Kecamatan Mandiraja.  Banjarnegara, Jawa Tengah. Granat jenis tabung yang diperkirakan peninggalan zaman Belanda atau Jepang ini bentuknya seperti tabung kecil dan  ditemukan saat menggali tanah untuk membuat batu bata. 

Kapolres Banjarnegara AKBP Nona Precillia Ohei seperti dilansir detik.com mengatakan benda tersebut ditemukan warga saat menggali tanah untuk membuat batu bata. Saat itu, warga yang curiga dengan gumpalan tanah yang ada besi berkarat. Warga kemudian melaporkan temuan benda tersebut kepada pemerintah desa setempat.

"Penemuannya pada hari Sabtu, saat Riyanto tengah menggali tanah di pekarangan untuk membuat batu bata. Kemudian ada benda aneh, setelah digali lagi terkumpul ada 29 buah benda yang diduga granat," katanya.

Baru kemudian pada hari Minggu (20/8/2017) dilaporkan ke polisi melalui Polsek Mandiraja. Untuk pengecekan dan memastikan aktif tidaknya benda itu, polisi langsung mendatangkan tim Gegana dari Purwokerto.

Saat ini, tiga benda tersebut dibawa ke Purwokerto untuk dilakukan penyelidikan lebih jauh. Sedangkan sisanya, masih diamankan di Polsek Mandiraja.

"Sudah kami buka dan isinya berupa serbuk. Saat ini semua isinya sudah kami bakar. Sisanya yang ada di Polsek tinggal tempatnya saja jadi tidak membahayakan," jelas dia.

Dia menambahkan granat tersebut kemungkinan adalah peninggalan jaman Belanda atau Jepang. Bila ada warga yang menemukan benda mencurigakan di dalam tanah untuk segera melaporkan kepada polisi.

(detik.com)

Posting Komentar

Disqus