Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Bupati Simalungun JR Saragih Membuka Pesta Rondang Bintang Tahun 2017 (Fhoto : Istimewa)
PARAPAT, Realitasnews.com  - Ribuan pengunjung menyaksikan pesta Rondang Bintan ke 32 tahun 2017 yang dipusatkan di Pantai Bebas Parapat, Danau Toba, Jumat, (18/8/2017). Pesta tahunan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Simalungun, JR Saragih dan akan digelar dari tanggal 18 hingga 20 Agustus 2017.

Pesta Rondang Bintang ke 32 ini meliputi olahraga tradisional, tari-tarian hingga musik tradisional ikut diperlombakan serta ditampilkan.

Kadis Pariwisata Kabupaten Simalungun, Pahala Sinaga mengatakan, event itu diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan program nilai budaya dan aktualisasi adat daerah, selain itu guna menggali dan melestarikan budaya Simalungun serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Simalungun.

"Melalui Pesta Rondang Bintang bisa menghidupkan semangat baru dalam mengembangkan serta melestarikan budaya di Simalungun," ujar Pahala.

Bupati Simalungun berharap Pesta Rondang Bintang ke-32 itu  mampu mendongrak kemampuan masyarakat untuk dapat lebih mengenal budaya di Simalungun secara menyeluruh.

"Kita harus bangga terhadap budaya, karena melalui budaya bisa diukur semua elemen yang ada di masyarakat sehingga budaya bukan lagi dianggap sebelah mata maupun sebatas seremonial," kata JR Saragih.

JR Saragih mengajak semuanya untuk melestarikan budaya khususnya buat masyarakat Simalungun, apalagi Indonesia selalu dikenal akan kekayaan budaya.

"Maka ke depannya kita harus selalu melestarikan budaya sehingga mempunyai rasa pertanggungjawaban agar sama-sama membangun Simalungun melalui Danau Toba dan Pesta Rondang Bintang ini," kata JR Saragih.

(ant)

Posting Komentar

Disqus