Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Sosialisasi Penyakit TBC (Fhoto : Istimewa)
LINGGA, Realitasnews.com  –  Pegawai Puskesmas desa Kualaraya, kecamatan Singkep Barat, Lingga menggelar sosialisasi tentang pencegahan penyakit Tuberclosis (TBC). Sosialisasi penyakit TBC ini digelar di kantor PKK desa Kualaraya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Kuala Raya, Kepala Puskesmas Kualaraya, dr Rafika S Hutapea, ketua LPM dan anggota BPD serta tokoh masyarakat dan juga ibu PKK dan para guru SD 002 .
Sebagai narasumber dalam kegiatan ini adalag dr Kartika Putri dan pengelola TB Hernis sedangkan pengecekan dahak dilakukan oleh Pramono.
Kepada sejumlah awak media dr. Rafika S Hutapea mengatakan ia baru bertugas di Singkep Barat ini selama 5 bulan dan selama itu pasien yang terkena TBC hanya satu orang dari desa Kualaraya, Singkep Barat.
“Kami mengetahui pasien itu terkena TBC lantaran ia sedang berobat di Puskesmas tempat saya bertugas,” katanya.
Sementara dr Kartika dalam pemaparannya mengatakan agar selalu membuka jendela rumah dan jangan ditutup agar tidak pengap sehingga udara dan bisa bebas keluar.
“Untuk penderita TBC pengobatannya akan dilakukan secara gratis sehingga pasien tidak perlu kwatir masalah biaya perobatan agar ia rajin berobat hingga sembuh,” tegasnya
Penyakit TBC itu, katanya, ada yang dari tulang, kepala jadi bukan hanya di paru paru saja,
Ia mengatakan penyakit TBC ini melalui peredaran darah karena tulang yang biasanya suka mengangkat barang yang ukurannya berat, dampak dari penyakit TBC adalah badan menjadi lemah,, napsu makan menurun, berat badan turun, rasa kurang enak badan, berkeringat malam tanpa kegiatan dan menderita demam hingga dari satu bulan,
(IL/lian)

Post a Comment

Blogger Disqus