Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Bendera merah putih (Foto: Antara)
JAKARTA –  Dalam buku panduan SEA Games ke 29 bendera Republik Indonesia dibuat menjadi berwarna putih merah . Malaysia selaku penyelenggara SEA Games 2017 melakukan kesalahan fatal dengan mencetak gambar yang salah bagi bendera Indonesia.

Hal tersebut menjadi sorotan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengunggah foto yang menunjukkan isi halaman ke-80 buku sekaligus souvenir resmi itu. Tak ayal, pembukaan SEA Games 2017 pun menjadi tercoreng.
 
Halaman 80 itu sendiri sejatinya tengah membahas negara-negara yang pernah menjadi penyelenggara hajatan olahraga prestisius di Asia Tenggara itu. Namun, semua bendera tergambar dengan benar kecuali sang saka merah putih.
 
Tak ayal, publik Tanah Air dibuat geram dengan keteledoran Malaysia. Menpora melalui Twitter pribadinya juga menegaskan hal tersebut sangat menyakiti bangsa Indonesia. Tak hanya Imam, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S Dewa Broto, ikut memberikan komentarnya.
 
Jika sebelumnya Gatot mengatakan Indonesia bisa meminta nota klarifikasi, maka berikutnya Gatot menegaskan atlet yang tampil di SEA Games tidak boleh terganggu dengan insiden ini. Ia mengatakan para pejuang Tanah Air itu harus fokus untuk meraih prestasi.
 
“Kepada atlet diminta tidak terganggu apa pun bentuk provokasinya, karena harus tetap fokus pada prestasi,” tegas Gatot, seperti dalam rilis yang diterima Okezone.
 
“Biarlah urusan politis itu diselesaikan sesuai prosedur pimpinan kontingen dan Kedutaan Besar Republik Indonesia. Kami yakin baik Bu Puan (Maharani) dan Pak Imam tentu bijak dalam menyelesaikannya,” tandasnya.
 
(okezone.com)

Post a Comment

Blogger Disqus