Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


Petugas Dinsos Dan Dinas Satpol PP Mendata Gepeng Yang Terjaring Rajia (Fhoto : Realitasnews.com)
ASAHAN, Realitasnews.com – Sebanyak 16 orang gelandangan dan pengemis (Gepeng) terjaring rajia yang digelar oleh Satpol PP kabupaten Asahan bersama Polisi dan TNI, Jumat siang (25/8/2017). Para Gepeng ini terjaring rajia dibeberapa lokasi kota Kisaran seperti : di Mesjid Raya jalan Iman Bonjol, di Pajak Kartini, pajak Bhakti dan disejumlah lampu merah di Kisaran.

Rajia ini dipimpin langsung oleh Kabid Satpol PP Kabupaten Asahan, Siti Rosmita, Ia mengatakan Gepeng yang terjaring rajia ini terdiri dari anak balita sebanyak dua orang, anak remaja sebanyak 7 orang dan orang tua sebanyak 7 orang.
Para gepeng ini langsung dibawa ke kantor Dinas Sosial kabupaten Asahan di jalan Tusam, Kisaran untuk di introgasi dan dicatat identitasnya.

Salah seorang gepeng yang terjaring rajia ini adalah anak seorang pegawai yang bertugas di Dinas PU kabupaten Asahan.  Hal ini terungkap saat Kabid Satpol PP kabupaten Asahan, Siti Rosmita menanyai tempat tinggal para gepeng tersebut dan setelah diintrogasi gepeng tersebut mengaku putra seorang pegawai Dinas PU kabupaten Asahan.

Setelah petugas Satpol PP mengintrogasinya, petugas langsung menghubungi ibu dari Gepeng tersebut untuk datang ke kantor Dinsos kabupaten Asahan.

“Saya ngak tahu dia berteman dengan gepang, anak saya ini kabur dari rumah dan saya sudah mencarinya kemana mana dan saya sampai sakit mencarinya ,” kata ibu tersebut sambil menangis saat ditemui diruang Kabid Dinsos kabupaten Asahan

Setelah diintrogasi ibu atau istri pegawai Dinas PU kabupaten Asahan langsung membawa anaknya pulang.

Kabid Satpol PP kabupaten Asahan, Siti Rosmita Hasibuan mengatakan rajia ini merupakan agenda rutin Dinas Satpol PP bekerja sama dengan Dinas Sosial kabupaten Asahan untuk membersihkan gepeng di kabupaten Asahan.

“Pembersihan Gepeng ini sesuai perintah dari bapak bupati Taufan Gama Simatupang,” kata Siti Rosmit.


Selama ini, kata Siti Rosmita, para gepeng ini sudah sangat meresahkan masyarakat untuk itu Dinas Sosial kabupaten Asahan telah memberikan pengarahan kepada para gepeng tersebut agar pulang ke rumah orang tuanya atau keluarganya.

Hal senada dikatakan Kepala Dinas Sosial kabupaten Asahan melalui Kabid rehabilitasi, Sutri ST mengatakan rajia ini rutin dilaksanakan untuk membersihkan kabupaten Asahan dari gepeng yang telah merusak keindahan kota Kisaran

Ia mengatakan untuk gepeng yang telah berulang kali terjaring rajia akan di kirim ke tempat rehabilitasi dikabupaten Karo untuk menerima bimbingan dan pelatihan kerja sementara bagi gepeng yang belum pernah terjaring rajia akan dipulangkan ke rumah orang tuanya.

(Nes)

Posting Komentar

Disqus