Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc (Fhoto : Realitasnews.com)
ASAHAN, Realitasnews.com  –  Pemkab Asahan canangkan program Bantuan Stimulan  Perumahan Swadaya (BSPS) kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). BSPS yang juga akrab dikenal dengan istilah bedah rumah ini diserahkan oleh wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc ditandai dengan penyerahan buku tabungan sekaligus dimulainya program BSPS di Kabupaten Asahan. Kegiatan penyerahan buku tabungan tersebu digelar di Air Joman, Selasa (22/8/2017).

BSPS ini merupakan salah satu program Direktorat perumahan Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tujuan program BSPS adalah terbangunnya rumah layak huni oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).  Program BSPS ini  diharapkan mumpuni membantu masyarakat miskin dan MBR untuk membangun maupun merehabilitasi tempat tinggal mereka sehinga lebih layak huni.
Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc mengatakan bantuan BSPS ini telah digulirkan pemkab Asahan sejak tahun 2013 dan 2014 lalu dan jumlah rumah yang mendapat bantuan BSPS ketika itu sebanyak 819 unit yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Pemkab Asahan.
Namun ditahun 2015 dan tahun 2016 kabupaten Asahan tidak mendapat bantuan BSPS namun di tahun 2017 ini pemkab Asahan mendapat bantuan BSPS sebanyak 247 kepala keluarga (KK) untuk 9 Desa di 4 Kecamatan.
“Saya mengharap agar masyarakat yang menerima bantuan BSPS ini tidak menggunakan uangnya untuk hal yang lain namun dapat langsung digunakan untuk membangun atau merehabilitasi rumahnya,” tegas Surya
Plt Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Asahan, M Azmy Ismail AP Msi dalam laporannya mengatakan yang mendapat bantuan BSPS di tahun 2017 ini sebanyak 247 KK dari 9 Desa di 4 kecamatan diantaranya :
  1. Untuk Kecamatan Air Joman desa yang mendapat bantuan BSPS yani : Desa Air Joman Baru sebanyak 20 unit rumah, Air Joman 32 rumah dan Binjai Serbangan 27 rumah dan dana bantuan BSPS nya sebesar Rp 15 juta.
  2. Untuk kecamatan Bandar Pulau desa yang mendapat bantuan BSPS adalah : Desa Bandar Pulau Pekan 20 rumah dan Desa Padang Pulau 22 rumah dana bantuan BSPS nya sebesar Rp 15 juta
  3. Untuk kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Desa Tomuan Holbung 21 rumah, Desa Hutabagasan 41 rumah dan dana bantuan BSPS sebesar Rp 15 juta
  4. Untuk kecamatan Tanjung Balai Desa Bagan Asahan 30 rumah dan Bagan Asahan pekan 34 rumah setiap KK dana bantuan BSPS nya sebesar Rp 10 juta
Persentasi kerusakan rumah itu hasil dari identifikasi dan verifikasi oleh koordinator dan fasilitator(Korpas) yang didampingi oleh tim fasilitator lapangan (TFL) yang ditugaskan oleh PPK Satker SNVT penyediaan perumahan Provinsi Sumut.

Besar dana bantuan BSPS ini berkisar Rp 7,5 juta hingga Rp 15 juta,- tergantung kondisi rusak rumahnya jika kondisi rumahnya diperkirakan sebesar 30%  hingga 40 %  maka rumah tersebut tergolong rusak ringan dan akan mendapat bantuan BSPS sebesar Rp 7,5 juta dan jika kondisi rumahnya rusak berkisar 45 %  hingga  65 %  maka rumah itu tergolong  kategori rusak sedang dan akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta sedangkan jika kondisi rumahnya rusak berkisar 65 %  s/d 100% rumah tersebut dikategorikan rusak berat dan dana bantuan BSPSnya sebesar Rp 15 juta.
(Nes)

Posting Komentar

Disqus