Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Adu Perkolong Kolong Dari Marga Sembiring (Fhoto : Realitasnews.com)
ASAHAN Realitasnews.com –  Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) etnis Karo yang digelar di lapangan Sidodadi jalan Pondok Indah, Kisaran pada Senin malam (7/8/2017) menampilkan adu perkolong kolong yang ditarikan oleh seluruh marga Silima yang ada di Kabupaten Asahan.

Adu perkolong kolong ini diiringi music dan lagu dari tanah Karo seperti : goyang sontil perkolong, biring manggis, piso suri tari mejuah juah, tari tanah karo simalem  dan lagu Karo lainnya.
Satu persatu dari marga Silima yang ada di Kisaran dan sekitarnya dipersilahkan oleh MC untuk menunjukkan kepiawaiannya menari mulai marga Sembiring, Ginting Tarigan, Karo karo, Sebayang dan Perangin angin.
“Kami persilahkan untuk marga Sembiring dan wanitanya untuk menari,” kata MC dengan bahasa Karo.

Seluruh penari khususnya wanita memakai pakaian adat Karo, mereka menari membentuk dua baris berhadap hadapan pria dengan wanita.
Gerakan  tari mereka sangat sopan  dan kelenturan tangannya  dipadu dengan gerakan pinggul dan kaki sambil mengikuti irama musik dan lagu, membuat pertunjukan mereka sangat indah ditonton .
“Gerakannya memang kayak gitu gitu saja tapi indah dilihat,” kata seorang penonton yang menonton dari luar pagar.
Suara merdu dari biduan wanita membuat penonton terpukau dan betah menyaksikan adu  perkolong kolong ini.

Adu perkolong kolong ini tidak hanya dibawakan oleh orang tua tetapi kaum muda mudi (Permata ) juga ikut memeriahkan PSBD etnis Karo ini.  Kecerian tampak diwajah kaum muda mudi saat menari tak jarang penari pria sesekali melirik wanita yang ada di depannya.

Ketua Etnis Karo Marga Silima kabupaten Asahan, Dermawan Sinulingga. SH MM dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan khususnya kepada bupati Asahan Taufan Gama Simatupang yang telah membuatan kegiatan PSBD ini rutin setiap dua tahun sekali.

“ Semoga PSBD ini dapat mempererat tali silahturahmi kita baik sesama etnis Karo dan etnis lainnya sehingga kita dapat bahu membahu membangun kabupaten Asahan ini,” kata Dermawan.

Ketua PSBD Kabupaten Asahan ke III, Sofian Yoga melalui humasnya Irfan Nasution memberi apresiasi kepada etnis Karo yang telah berpartisipasi memeriahkan PSBD ini .

“Kami sangat mengharapkan agar etnis Karo dapat mempertahankan dan melestarikan seni budayanya dan  menurunkannya  kepada generasi penerus,” harap Irfan.

(Nes)

Posting Komentar

Disqus