Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Realitasnews.com
– Akibat diterjang angin puting beliung belasan rumah yang tersebar dilima dusun di Desa Suka Makmur kecamatan Pulau Bandring, Asahan rusak, selain itu puluhan pohon tumbang menimpa rumah warga.

Menurut Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar dalam rilisnya yang disampaikan kepada sejumlah awak media, Sabtu (15/6/2019) menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Jumat (14/6/2019) sekira pukul 17.50 WIB, angin puting beliung itu datang disertai dengan hujan gerimis dan terjadi sekitar 1 jam.

“ Angin puting beliung itu datang disertai dengan hujan gerimis mengakibatkan beberapa tanaman keras tumbang dan merusak bangunan warga, perternakan, pertanian dan infrastruktur listrik. Kondisi tersebut berlangsung sekitar 1 jam,” katanya.

Ia menyebutkan terjangan angin  puting beliung itu tidak menelan korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp 106 juta,-

 

Adapun rumah yang rusak, untuk rumah yang rusak ringan sebanyak 3 unit, 8 unit rumah rusak berat, sebuah kandang ternak ayam warga rusak berat, 1 unit kandang ternak bebek mengalami rusak ringan, satu kolam ikan warga mengalami rusak ringan dan 36 tanaman keras tumbang.

“ Akibat angin puting beliung itu aliran listrik PLN di 4 titik lokasi terputus dan luas wilayah yang terkena dampak ada 5 dusun,” jelasnya.

Rahmad juga menyebutkan Pemkab Asahan melalui Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Asahan bersama perangkat Kecamatan Pulau Bandring dan Pemdes beserta Babinsa Suka Makmur langsung melakukan kaji cepat dampak serta kerusakan di lokasi kejadian.

Tim BPBD Kabupaten Asahan bersama warga telah melakukan evakuasi dan membersihkan pohon tanaman keras yang tumbang dan menimpa bangunan milik warga.

Selain itu Tim BPBD Kabupaten Asahan telah menyerahkan bantuan logistik untuk membantu kebutuhan dasar korban yang terdampak bencana.

“ Saat ini kondisi di lokasi tersebut sudah aman terkendali dan warga yang terdampak masih dapat bermukim ditempat tinggalnya,” katanya. (Nes)

Post a Comment

Blogger Disqus