Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LINGGA, Infokepri.com  – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lingga menggelar manasik haji yang dipusatkan di Islamic Center Dabo Singkep. (19/06/2019). Kegiatan itu digelar untuk mematangkan persiapan pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang dan Kementerian Agama terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam penyelenggaraan ibadah Haji setiap tahunnya.

M.Sardi, S.Sos selaku kasi PHU Kemenag Lingga menyampaikan dalam laporan pelaksanaan kegiatan manasik tersebut bahwa dasar hukum pelaksanaan kegiatan manasih haji tersebut sudah sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 13 tahun 2008 pada pasal 7 poin a yang merupakan  salah satu hak dari para Calon Jemaah Haji (CJH) untuk mendapatkan pembimbingan manasik haji baik di tanah air, diperjalanan maupun di Arab Saudi.

“ Rangkaian pelaksanaan haji sudah kita mulai sejak hari ini. Maka dari itu, diharapkan kepada semua CJH agar dapat mengikuti tiap rangkaian acara dengan serius,” kata beliau.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lingga mengingatkan kepada para CJH untuk senantiasa berkomitmen mengikuti manasik haji.
“Jangan pernah ada kata bosan untuk ikut manasik, baik yang digelar Kemenag, Pemkab maupun KUA-KUA,” kata H.M.Nasir, MH mengingatkan.

Beliau menambahkan bahwa, manasik haji yang dilaksanakan pada hari itu merupakan langkah untuk memantapkan pemahaman para Calon Jemaah Haji, dan untuk penerapan perdana, akan dilaksanakan ketika CJH sudah memasuki embarkasi Batam, hingga sampai ke Tanah Suci.

 

Ia juga menegaskan lagi agar para jamaah menjadi jamaah haji yang mandiri. “Jangan banyak permintaan dan berharap banyak kepada petugas. Semakin banyak permintaan nanti jamaah akan semakin kecewa. Minta pertolongan hanya kepada Allah,”pesan H.M.Nasir,S.Ag,MH.

“Jangan merasa takut karena haji itu adalah panggilan Allah. Jadi, walaupun sekian banyak orang di Mekkah, tempat untuk Bapak/Ibu beribadah pasti ada dan Allah sediakan,”motivasinya kepada jamaah.

Terkait dukungan dan perhatian pemerintah Kabupaten Lingga terhadap pelaksanaan ibadah haji, Abu Hasim,MM mewakili Pemkab Lingga menyampaikan rasa syukurnya. Ia pun mengungkapkan bahwa sinergitas antara Pemkab Lingga dan Kemenag Lingga sudah semakin baik, terutama menyangkut layanan keagamaan.

“Koordinasi semakin baik dan komunikasi terus terjalin. Mulai dari Bupati Daria hingga kepemimpinan Awe-Nizar,” tambahnya.

Beliau pun berpesan kepada para calon jemaah haji yang sebentar lagi akan bertolak ke tanah suci agar mengikhlaskan hati dan diri. Ia juga tak lupa mendoakan keselamatan bagi keberangkatan saudara-saudarinya sesama muslim. “Selamat berangkat semoga dapat mengerjakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan sempurna, dan semoga para jamaah semua mendapatkan haji yang mabrur,” tutup Abu Hasim, MM

Rencananya, keberangkatan para calon jemaah haji tersebut dijadwalkan akan dilepas oleh Pemkab Lingga di Masjid Az-Zulfa Dabo Singkep pada 4 Juli 2019 mendatang, dengan menggunakan MV.Oceanna.

Untuk diketahui sebelumnya, acara yang diikuti oleh 49 orang calon jemaah haji asal kabupaten Lingga ini dilanjutkan dengan gladi posko pada sore harinya. Yakni melakukan kunjungan ke beberapa titik pusat pelaksanaan haji, seperti bandara, Bir Ali, Arafah dan Ka’bah yang sudah disiapkan di halaman masjid Az-Zulfa. (MC/ Jhoni)

Post a Comment

Blogger Disqus