Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



KARIMUN, Realitasnews.com
– Buah durian merupakan salah satu buah primadona masyarakat Indonesia. Selain rasa dan baunya yang khas, durian juga mengandung sejuta manfaat, diantaranya menghambat penuaan dini, mencegah sembelit, mematikan sel kanker, menambah kepadatan tulang dan lain sebagainya. Begitu banyaknya manfaat dalam buah ini, sehingga buah durian dijuluki sebagai “King of the Fruit atau Raja Buah”.

Pemerintah Kepulauan Riau melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau akan melakukan pembagian 2.100 bibit durian gratis kepada kelompok tani di Tanjung Batu, Karimun. Bibit durian yang akan dibagikan merupakan varietas MK. Hortimart yang didatangkan dari Pekanbaru, Provinsi Riau.

 

Karantina Pertanian Karimun juga ikut berpartisipasi untuk menyukseskan program tersebut dengan cara melakukan pemeriksaan terhadap bibit durian yang akan dikirim ke Tanjung Batu melalui Pelabuhan Parit Rempak. Pemeriksaan yang dilakukan berupa kelengkapan dokumen dan pemeriksan fisik. Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas memastikan bahwa bibit durian tersebut sehat sehingga dapat dilalulintaskan ke Tanjung Batu.

"Berdasarkan informasi yang diperoleh, pembagian bibit gratis tersebut sebagai bentuk peremajaan sehingga durian tetap bisa dinikmati hingga beberapa tahun kedepan," kata Rizky Gunawan, petugas yang melakukan pemeriksaan, Minggu (23/6/ 2019).

"Harapannya petani dapat terus menghasilkan durian yang berkualitas karena Tanjung Batu terkenal sebagai penghasil durian di Kepulauan Riau sekaligus mendorong perkembangan ekonomi di wilayah tersebut," tandasnya.
(Ril/Jup)

Post a Comment

Blogger Disqus