Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com – Plt Bupati Asahan, H Surya Bsc memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari lahirnya Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Asahan, Sabtu (1/6/2019).

Turut hadir dalam upacara itu FKPD Kabupaten Asahan, Sekda Kabupaten Asahan dan OPD Pemkab Asahan.

Dalam pidato tertulisnya Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono yang dibacakan oleh Plt Bupati Asahan H Surya BSc menyampaikan bahwa sebagaimana diketahui semua kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia.

Kesatuan gugusan Pulau yang beraa diantara dua samudra, pasifik, dan Hindia serta diantara dua benua Asia dan Australia meneguhkan bahwa kita sebagai bangsa memiliki ruang hidup tanah air satu kesatua ada relasi dan perpaduan antara darat dan laut yang saling menguatkan sebagai mana dalam konsep Wawasan Nusantara. 

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa  merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa indonesia.

 

Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.
Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, sekaligus pengamalan nilai-nilai pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus

Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, dimana sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan " Bhinneka Tunggal Ika".

Sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 juni merupakan suatu keniscayaan, kita berusaha mengenang momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga 2 bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Pada kesempatan itu Plt Bupati Asahan didampingi Forkopimda Kabupaten Asahan dan OPD menyerahkan penali kasih dan bantuan PNS yang Pensiun Tahun 2019 yaitu : Drs Isa Harahap M.Si dari Kantor Satpol PP Kabupaten Asahan, Paimin dari Dinas Kependudukan dan Capil Kabupaten Asahan, Safrida Wahyuni dari Sekretariat Kabupaten Asahan, Alimah dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kisaran Barat Kabupaten Asahan, Nurainun dari UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan.

(Nes)

Post a Comment

Blogger Disqus