Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Realitasnews.com – Pemkab Sergai menggelar upacara memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 yang digelar di Halaman apel Kompleks Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Sabtu (1/6/2019)

Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Bupati H. Darma Wijaya, Kapolres Sergai AKBP. H. Juliarman Eka Putra Pasaribu, S.Sos, SIK, M.Si, Dandim 02/04 DS Letkol KAV Syamsul Arifin SE M.Tr (Han), Kakan Menag Sergai Dr H Sarmadan Nur Siregar, M.Pd, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, Staf Ahli Bupati, Asisten, para Kepala OPD, Camat dan ASN Pemkab Sergai.

Bupati Sergai,  Ir. H. Soekirman dalam sambutannya membacakan pidato tertulis Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Hariyono yang mengatakan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa  merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa indonesia.

“ Seluruh kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan tanah air Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan bahwa kita harus mengakui bahwa eksistensi ke Indonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan, keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif, sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus.

Ia mengatakan bahwa Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dimana sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan " Bhinneka Tunggal Ika".

Hari kelahiran Pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan Piagam Jakarta oleh panitia kecil tangggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 8 Agustus 1945. Jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Untuk itu, kita harapkan perdebatan tentang kelahiran Pancasila sudah tidak diperlukan lagi

Memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni sesuai pesan Presiden Jokowi  merupakan suatu keniscayaan, kita berusaha mengenang momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai Dasar Negara
 
 (Jan)

Post a Comment

Blogger Disqus