Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



 
Walikota Tanjung Pinang Mengunjungi Peternak Sapi dan Peternak Ikan Di Kampung Sidomulyo (Fhoto : Realitasnews.com)
TANJUNG PINANG, Realitasnews.com - Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah didampingi istrinya, Hj Yuniarni Pustoko Weni.SH melakukan peninjauan ke lokasi Kandang Sapi Kampung Sidomulyo, Jalan Lembah Merpati Km. 13 Tanjungpinang, Kamis sore (16/2/2017).

Peninjauan peternakan sapi tersebut juga dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Keuangan dan SDM, Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Kepala DLH, Ketua RT dan Ketua Kelompok Usaha Peternakan Sapi Sukamaju.

Saat mengunjungi lokasi peternak sapi tersebut, Lis langsung berdialog dengan kelompok usaha peternak sapi. Ia bangga kepada para peternak sapi lantaran anggota peternak sapi tersebut tidak satupun memiliki surat keterangan miskin (SKM).

“Ini artinya mereka sudah mandiri, " kata Lis kepada awak media di lokasi peternakan sapi. 

Awalnya, kata Lis, kelompok usaha ini mendapat bantuan 18 ekor sapi jenis bali dari anggaran APBN, Alhamdulillah sapi-sapi tersebut bisa berkembang biak, dari 18 ekor sapi bertambah menjadi 27 ekor sapi. Ini artinya mereka benar-benar komitmen untuk mengembangkan usaha kelompoknya. 

" Setiap program pemerintah pasti ada manfaatnya bagi masyarakat, terutama untuk kesejahteraan hidupnya. Lis ingin, para anggota kelompok, jangan pernah puas sampai disini, kelompok ini harus terus mengembangkan usahanya." 

Saat ini, Lis mencoba untuk mengembangkan usaha di sektor pertanian, seperti tanaman cabai dan herbal. Ia telah pinjam lahan seluas 20 ha untuk menanam cabai dan herbal, kita akan coba menanam cabai dengan lahan 10 ha, sistemnya akan kita buat perkelompok agar masyarakat dapat kita perdayakan, jika ini berhasil, maka kita mampu memenuhi kebutuhan lokal. 

Nantinya, lanjut Lis, petani akan kita berikan pelatihan, bila perlu kita undang petani dari Kabupaten Kulonprogo untuk memberikan pelatihan. Saya yakin jika dilakukan keinginan besar dan keseriusan, mudah-mudahan ini berhasil, apalagi dengan kerjasama diantara kelompok usaha tadi dan peternak, saling mengisi satu sama lain serta sejalan, disini fungsi pemerintah hanya melakukan pengawasan terhadap usaha yang dijalankan masyarakat.

Terkait dengan pemasaran hasil komoditas barang pasar, pemko akan membuat sistem pengendalian, jadi ketika barang yang akan dipasarkan akan masuk ke dalam sistem itu seperti pasar lelang, sehingga tidak ada oknum yang bisa bermain harga pasar, kedepan setiap komoditas barang pasar terlebih dulu akan masuk dalam sistem pengendalian." Ujar Lis

Rianto selaku Ketua Kelompok Usaha Peternakan Sapi Suka Maju, mengaku senang dengan kunjungan Walikota ke peternakan dan pertanian yang dikelola kelompok usahanya. Selama ini, dinas terkait selalu memantau perkembangan usaha ini, jika ada kendala atau permasalahan, pihak dinas akan menanggapinya dengan cepat, kami bersyukur selalu diperhatikan.Mengenai wacana Walikota untuk mengembangkan pertanian cabai, kelompoknya siap berkontribusi mengembangkannya, " ungkapnya.

Selain meninjau peternakan sapi, Lis bersama rombongan menuju lereng bukit tak jauh dari kandang sapi untuk meninjau pertanian cabe dan lele, meski panas, Lis tak gontai melangkah menuju lokasi penanaman cabe dan peternakan lele. (R/lian)

Posting Komentar

Disqus