Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

 
Kim Jong-Nam dan Kim Jong-Un (Reuters)

SEOUL, Realitasnews.com - Mantan agen intelijen Korut bernama Kim Hyon-Hui mengomentari dugaan pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korut Kim Jong-Un. Mantan agen Korut ini menilai pelaku pembunuhan Kim Jong-Nam terlihat amatir dalam aksinya.

 Kim Hyon-Hui merupakan pelaku pengeboman pesawat Korean Air pada tahun 1987 silam. Hyon-Hui yang seorang wanita ini diketahui mendapat pelatihan khusus sebagai agen intelijen Korut.

Dalam wawancara tertulis dengan surat kabar Jepang, Mainichi, seperti dilansir Reuters, Sabtu (18/2/2017), Hyon-Hui meragukan kedua wanita yang menjadi terduga pelaku dalam pembunuhan Jong-Nam mendapat pelatihan keras.

"Saya merasa curiga. Mereka sepertinya tidak mendapat pelatihan dan pendidikan fisik maupun psikologis yang keras di Korea Utara," tutur Hyon-Hui kepada Mainichi.


Kedua wanita terduga pelaku dalam kasus ini adalah seorang wanita berpaspor Vietnam atas nama Doan Thi Huong (28) dan wanita Indonesia bernama Siti Aisyah (25). Keduanya diduga sebagai pelaku yang menyerang Jong-Nam dengan racun di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), pada Senin (13/2/2017).

Namun laporan media Malaysia melansir pengakuan keduanya kepada polisi yang menyebut mereka hanya diajak ikut 'acara lelucon' untuk mengerjai orang.

"Mereka seharusnya tidak akan lari jika itu masalahnya," komentar Hyon-Hui soal pengakuan kedua wanita itu.

Dalam wawancara dengan Mainichi ini, Hyon-Hui juga menekankan keterkaitan kasus ini dengan rezim Korut, merujuk pada tanggal pembunuhan yang berdekatan dengan hari kelahiran mendiang pemimpin Korut, Kim Jong-Il, pada 16 Februari. Kim Jong-Il merupakan ayah Jong-Un juga Jong-Nam

(detik.com)

Posting Komentar

Disqus