Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



 
Suasana Jalan Pemuda Kota Tanjung Pinang Saat Dilanda Banjir ( Fhoto : Istimewa)
TANJUNG PINANG, Realitasnews.com – Untuk mengatasi bajir di kota Tanjung Pinang khususnya di jalan Pemuda perwakilan BWS Sumatera Bagian IV, Ardananto mengatakan akan dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT Jaya Kencana Sarana dan Konsultan Supervisi  oleh PT Tata Bumi Konsultan, dengan pembangunan drainase seluas 800 M yang berasal dari sumber dana APBN 2017.

Hal ini disampaikan Ardananto dihadapan sejumlah dinas terkait, Camat, Lurah, Kepolisian serta TNI, di Ruang Rapat Lantai II, Kantor Walikota Tanjungpinang saat sosialisasi Pembangunan Pengendalian Banjir Kota Tanjungpinang Tahun 2017, Rabu (22/2/2017).

Sosialisasi tersebut, kata Ardananto, bagian dari program Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera IV.

Ia mengatakan salah satu permasalahan yang terdapat di Kota Tanjungpinang adalah masalah banjir perkotaan. Penyebab banjir itu sendiri tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, yakni perkembangan kota sangat mempengaruhi dalam perubahan pola aliran air. 

Untuk penyebab banjir di Jalan Pemuda, dikarenakan frekuensi banjir terjadi akibat curahan air hujan dan ada pengaruh air pasang. Tinggi banjir/genangan sekitar 20-60 Cm, lama banjir/genangan bisa terjadi 2 s.d 3 jam. Sedangkan luas genangan 9.10 ha yang disebabkan oleh lokasi merupakan daerah cekungan, adanya pengaruh air pasang, banyak terdapat sampah di saluran air. Pemukiman, pertokoan dan sekolah yang tekena dampaknya. 

Untuk mengatasi permasalahan itu maka rencana penanganannya dengan melakukan normalisasi saluran, kolam retensi, tanggul penutup dan pompa banjir. (Hms/lian)

Posting Komentar

Disqus