Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


ILLustrasi (Fhoto : Istimewa)


TANJUNG PINANG, Realitasnews.com Walikota Tanjung Pinang, Lis Darmansyah menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Kelurahan Kampung Bulang Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kamis (23/2/2017) malam.

Pada kesempatan itu ia mengatakan agar makna MTQ bukan hanya sekedar acara ceremonial saja dan bukan juga untuk mencari Qori dan Qoriah semata, namun lebih dari itu, hakikat MTQ dapat dimaknai sebagai kecintaan kita terhadap Al-Qur'an serta mengamalkannya sebagai petunjuk dan pedoman hidup umat Islam. 

Lis mengatakan bahwa MTQ secara rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai gerakan motivasi untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur'an sekaligus menanamkan nilai-nilai Al-Qur'an kepada anak-anak kita dan generasi muda dalam kehidupan sehari hari.

“MTQ dilaksanakan berjenjang dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota, Provinsi hingga Nasional bukan saja menentukan utusan daerah tersebut di tingkat daerah diatasnya, tetapi merupakan upaya untuk meningkatkan karakter generasi muda yang mulia. Al-Qur'an dapat menjadi rujukan dalam pembinaan karakter generasi yang islami dalam menghadapi berbagai masalah, khususnya dengan perkembangan teknologi yang kian maju,” kata Lis.

Memang, kata Lis, tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita, segala informasi yang kita butuhkan dapat dengan mudah kita perolehi, termasuk mengenai kegamaan. Namun belajar ilmu agama, tidak saja hanya melihat dan mendengar, tetapi harus dikombinasikan, antara praktek dan teorinya.

Begitu juga mengamalkan isi kandungan ayat-ayat Al-Qur'an dalam kehidupan kita tidak boleh berhenti, karena dengan Al-Qur'an meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Pengamalan isi kandungan Al-Qur'an dapat memperbaiki dan merubah karakter hidup kita, ucapan kita, tindakan dan perilaku kita yang sejalan dengan ajaran agama Islam.

Camat Tanjungpinang Timur, Yeni Trisia Isabella mengatakan pelaksanaan MTQ di Kelurahan Kampung Bulang merupakan Kelurahan ke 4 di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Pelaksanaan MTQ ini untuk menyampaikan pesan-pesan kebaikan dalam membentuk akhlak manusia. Selain itu, pelaksanaan MTQ bukan semata-mata melafalkan ayat suci Al-Qur'an, namun penerapan prinsip Al-Qur'an menjadi rujukan gerak langkah amalan mulia bagi umat muslim." Ucapnya

Pelaksanaan MTQ di Kelurahan Kampung Bulang diikuti sebanyak 43 peserta yang akan berlomba pada 2 cabang, yaitu tartil Qur'an dan tilawah Al-Qur'an. Bagi peserta yang terbaik nantinya akan mewakili kelurahan ke tingkat Kecamatan. Penutupan dan pengumuman pemenang ajang MTQ di Kelurahan Kampung Bulang akan berlangsung pada malam (24/2/2017) ini. 

Hadir pada acara itu, Ketua TP-PKK, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH, Anggota DPRD, Kabag Kesra, Dewan hakim, serta warga setempat.

(R/lian)

Posting Komentar

Disqus