Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Raja Thailand yang baru, Maha Vajiralongkorn (REUTERS/Athit Perawongmetha/File Photo)
BANGKOK, Realitasnews.com  - Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn dinyatakan menjadi Raja Thailand yang baru, menggantikan mendiang Raja Bhumibol Adulyadej. Hal ini terjadi usai Vajiralongkorn menerima undangan resmi dari parlemen untuk menggantikan ayahnya yang wafat pada Oktober lalu. 

Mendiang Raja Bhumibol yang memimpin selama tujuh dekade, sangat dicintai rakyat Thailand dan dipandang sebagai pilar stabilitas di tengah gejolak politik dan pembangunan di negara tersebut. Sedangkan sosok Vajiralongkorn, satu-satunya anak laki-laki Bhumibol, tidak seterkenal ayahnya.

Dalam pernyataan yang dirilis departemen humas parlemen Thailand, seperti dilansir Reuters, Jumat (2/12/2016), Vajiralongkorn telah bertemu dengan Pornpetch Wichitcholchai, yang merupakan Ketua Majelis Legislatif Nasional (NLA), sebutan parlemen Thailand, di Dusit Palace, Bangkok. 

"Saya akan menerima undangan itu demi rakyat Thailand," ucap Vajiralongkorn dalam pernyataannya yang disiarkan televisi nasional setempat. Undangan dari parlemen itu merupakan bagian dari prosesi suksesi Raja Thailand.

Raja Vajiralongkorn saat menjalani prosesi suksesi Foto: Thailand Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Raja Vajiralongkorn saat menjalani prosesi suksesi
Pernyataan itu juga menandai naik takhtanya Vajiralongkorn menjadi Raja Thailand yang baru. Untuk selanjutnya, dia akan dikenal sebagai Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun. Dia juga akan disebut sebagai Rama X atau raja ke-10 dari Dinasi Chakri di Thailand. 

Naik takhtanya Vajiralongkorn ini akan menghapuskan kekhawatiran soal instabilitas di Thailand usai wafatnya Raja Bhumibol. Beberapa waktu lalu, Vajiralongkorn meminta penundaan penobatan dirinya menjadi Raja Thailand dengan alasan ingin berkabung bersama rakyat.

Akibatnya, Thailand tidak memiliki raja sejak Raja Bhumibol wafat pada Oktober lalu. Untuk sementara, Prem Tinsulanonda (96) yang menjabat Kepala Dewan Penasihat Kerajaan ditunjuk menjadi Pemangku Raja Thailand.

Selama ini, Vajiralongkorn lebih banyak menghabiskan waktu di luar negeri. Dia diketahui memiliki rumah di Jerman. Selama beberapa tahun terakhir, Vajiralongkorn mulai menghadiri serangkaian upacara dan aktivitas kerajaan, mengambil alih tugas ayahnya yang saat itu sedang sakit. 

Raja Vajiralongkorn saat menjalani prosesi suksesiFoto: Thailand Royal Household Bureau/Handout via REUTERS
Raja Vajiralongkorn saat menjalani prosesi suksesi
Tidak dijelaskan lebih lanjut kapan Vajiralongkorn akan dinobatkan secara resmi menjadi Raja Thailand yang baru. Dalam pernyataan via televisi, Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha menyebut penobatan raja yang baru akan digelar pada waktu yang ditentukan oleh 'kebijaksanaan' Vajiralongkor. Prayuth menyebut, penobatan tidak akan digelar sebelum prosesi kremasi kerajaan terhadap jenazah Raja Bhumibol dilaksanakan tahun depan.

"Semoga seluruh rakyat Thailand bersatu mendoakan kekuatan Raja Bhumibol dan raja-raja sebelumnya untuk melindungi raja yang baru agar beliau bisa memerintah sebagai idola dan pelindung rakyat Thailand," sebut PM Prayuth.


(detik.com)

Posting Komentar

Disqus