Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Foto: Ilustrasi/detik.com
TOKYO, Realitasnews.com - Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter (SR) mengguncang bagian timur Jepang. Sejauh ini tidak ada laporan kerusakan.

Disampaikan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), seperti dilansir AFP, Sabtu (12/11/2016), gempa itu berada di kedalaman 44 kilometer dan mengguncang sekitar pukul 06.42 waktu setempat.

Lokasinya berada di pantai timur laut dari Kepulauan Honshu atau sekitar 350 kilometer dari Tokyo. Tidak ada peringatan tsunami yang menyusul guncangan itu.

Jepang terletak di persimpangan empat lempeng tektonik bumi dan kerap dilanda gempa besar setiap tahunnya. Namun aturan pembangunan keras dan penegakan hukum yang kuat, gedung-gedung di negara itu dirancang bisa menahan getaran kuat sekalipun.

Terakhir kalinya gempa bawah laut besar terjadi di Jepang pada Maret 2011, yang memicu tsunami dahsyat di pantai timur laut negara tersebut. Lebih dari 18 ribu orang tewas dan juga hilang. Tiga reaktor nuklir di Fukushima mengalami kebocoran akibat gempa itu.

Pada April lalu, dua gempa besar mengguncang prefektur Kumamoto, Jepang bagian selatan yang diikuti oleh lebih dari 1.700 gempa susulan. Sedikitnya 50 orang tewas akibat gempa itu. 

(dtk)

Posting Komentar

Disqus