Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Ratusan ribu massa melakukan aksi protes Sabtu 26 November 2016 menuntut Presiden Korea Selatan Park Geun-hye mundur karena terlibat skandal kolusi (Bloomberg/beritasatu.com)
SEOUL, Realitasnews.com  - Ratusan ribu massa melakukan aksi protes di Kantor Presiden Korea Selatan Park Geun hye pada Sabtu malam (26/11/2016), menuntut presiden supaya turun dari jabatannya karena terlibat skandal kolusi.
Menurut keterangan polisi, sekitar 260.000 orang mengikuti demonstrasi yang merupakan salah satu aksi protes terbesar dalam sejara Korea Selatan. Panitia demonstrasi mengatakan secara total di Seoul sebanyak 1,5 juta ambil bagian dalam aksi protes sementara 400.000 lainnya mengikuti aksi di tempat lain. Massa meneriakkan yel-yel supaya Park mundur atau ditangkap.
Park (64) terlibat skandal kolusi. Dia dituduh menekan pelaku usaha untuk menyumbang puluhan juta dolar ke yayasan yang dikelola oleh teman Park, Choi Soon-sil. Park mengatakan tuduhan jaksa penuntut mengada-ada dan hanya spekulasi. Meski demikian, Park sebelumnya mengucapkan maaf atas skandal tersebut.
Tingkat approval rating Park merosot ke angka 4 persen pekan ini, terendah sepanjang pemerintahannya. Bahkan di kalangan pemuda usia 20-30an, rating Park adalah 0 persen.
Polisi menghentikan massa yang menuju kediaman Park. Massa pun berkumpul di sebuah panggung dan bernyanyi bersama musisi-musisi terkenal yang mengikuti protes.
Saat ini partai oposisi tengah berusaha meyakinkan anggota parlemen dari Partai Saenuri yang mengusung Park supaya menyetujui impeachment.
(beritasatu.com)

Posting Komentar

Disqus