ads

Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style5

Sponsor

 Space Iklan Kosong...!! Pajang iklan Anda disini Hubungi Redaksi
(Foto: Iradhatie Wurinanda/Okezone)
JAKARTA, Realitasnews.com  - Merakit robot butuh keahlian khusus. Hebatnya, hal ini mampu dilakukan oleh dua siswa yang masih duduk di bangku kelas V. Meski tergolong sederhana, karya Syahrozad Zalfa Nadia dan Rifki Zuhair Marpaung ini layak mengikuti kompetisi robotik Madrasah Nasional.

Rakitan robot tersebut diberi nama Getek Power Udara (GPU). Syahrozad, atau lebih akrab disapa Oca menjelaskan, memiliki ide nama tersebut lantaran pada misi pertama mereka harus merakit robot yang mengandung unsur kipas.
"Ini semacam perahu kecil yang menggunakan tenaga udara. Untuk misi pertama belum diprogram. Berdasarkan kreativitas yang penting ada unsur kipasnya," tuturnya kepada di Mal of Indonesia (MOI), Jakarta, dikutip okezone.com Rabu (2/11/2016).

Siswi Madrasah Ibtidaiyah (MI) Pembangunan UIN Jakarta itu mengungkapkan, tidak mengalami kesulitan berarti selama mengikuti festival dan kompetisi robotik madrasah tersebut. Menurut dia, segala komponen sudah disiapkan panitia.

"Tantangannya pada saat merakit karena di misi pertama ini yang dinilai kreativitas. Komponen banyak sekali sedangkan kita diminta untuk memilih komponen yang pas supaya tercipta rancangan robot yang bagus," paparnya.

Bersama rekannya, Rifki, di sekolah keduanya bergabung dalam robotic club. Sedangkan sebelumnya Oca sendiri pernah mengikuti International Youth Robot Competition (IYRC) di Korea Selatan. Keikutsertaan ajang ini pun turut didukung oleh sang guru, Himatul Laili Waisnaini.

"Mereka masuk robotic club karena memang ada bakat. Kemudian berlatih sungguh-sungguh. Ini masih di misi pertama mereka rakit robot manual. Tapi di misi kedua nanti pakai program. Semua sudah disiapkan oleh panitia. Semoga mereka dimudahkan nanti karena saingannya saya lihat bagus-bagus," imbuh Himatul.
(okezone.com)

About Redaksi News

www.realitasnews.com Terwujud sebagai portal berita independen dan menyuguhkan informasi kepada masyarakat serta mengungkap fakta dengan data.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

Top