Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



TANJUNGPINANG, Realitasnews.com
- Laju arus globalisasi dewasa ini semakin tak terbendung, hampir di semua lini kehidupan sudah terintegrasi dengan teknologi tak terkecuali di sektor pemerintahan, bahkan hampir semua sistem kerja nya sudah menggunakan awalan 'e' didepan kata kerja nya, seperti e-kinerja, e-budgeting, dll.

Pemerintah Kabupaten Lingga yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau walau secara geografis terdiri dari hamparan kepulauan dan perbukitan namun penggunaan teknologi dalam menunjang pelayanan kepada masyarakat sudah diterapkan dan terus ditingkatkan.

Saat ini sudah banyak urusan pemerintahan di Lingga sudah dapat dilakukan secara online dan real time sehingga sangat mendukung pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik, urusan administrasi kependudukan misalnya sudah dapat dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan pemohon tanpa perlu hadir di kantor camat atau disdukcapil, sungguh terobosan yang kreatif.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam urusan pemerintahan dan pelayanan, Plt. Kepala Bagian Kominfo dan Humas Setda Lingga, Buana Fauzi Februari, SE., SH., MM., CPS mengunjungi Kepri Smart Province yang digagas oleh Dinas Kominfo Provinsi Kepri yang terletak di Gedung Perpustakaan dan Arsip Pemprov Kepri, di Jalan Basuki Rahmat No. 1 Tanjungpinang. Buana diterima oleh Kasi Infrastruktur dan Teknologi Diskominfo Kepri, Deri Noverlian, S. Kom., MH

Di KSP, Buana banyak mendapatkan informasi dan masukan yang dapat segera diterapkan untuk semakin memantapkan penggunaan TIK dalam menunjang kinerja aparatur maupun penggunaan secara umum untuk masyarakat di Kabupaten Lingga.

"Kami mendapat tawaran untuk membuat alur kerja secara digital dan akan dibantu oleh Tim profesional dari KSP, hal ini sesuai dengan arahan pak Sekda agar Lingga lebih unggul secara TIK" ujar Buana.

Ditambahkan Buana, pihaknya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas slot yang disediakan oleh KSP untuk tiap Kabupaten/Kota di Kepri dalam menampilkan keunggulan strategis masing-masing daerah pada layar digital yang disediakan, jadi semacam papan informasi dan ekspo, bahkan KSP juga dapat melangsungkan Video Conference, disamping tentunya KSP juga sebagai lokomotif TIK di Kepri.

Buana juga menyebutkan pesan dari Sekda Lingga H.M.Juramadi Esram, MT., MH yang mengatakan bahwa untuk saat ini penggunaan TIK dalam menunjang kinerja terus dilakukan, di Kantor Bupati Lingga sudah mulai dilengkapi dengan kamera pengawas (CCTV), penyiapan sistem absensi dengan finger print juga digesa, 

"Pak Sekda berharap kedepan nya absensi dan tata naskah dinas di Pemkab Lingga juga akan terintegrasi dan terdigitalisasi". kata Buana. (Humaslingga/ udin)

Posting Komentar

Disqus