Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



TEBINGTINGGI, Realitasnews.com
– Sebanyak 300 orang pengurus koperasi menghadiri acara puncak hari Peringatan Koperasi (Harkop) ke 71 Kota Tebingtinggi yang digelar di gedung Hj Sawiyah di Jalan Sutomo Tebingtinggi, Kamis (1/11/2018)

Perayaan HUT Koperasi ke 71 Kota Tebingtinggi ini dihadiri unsur pemerintah kota, SKPD, Kejari, Kapolres, Lurah, ketua-ketua koperasi se-Kota Tebingtinggi.

Pada puncak perayaan HUT Koperasi ke 71 Kota Tebingtinggi ini, Walikota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan diwakili oleh Pj Sekda Kota Tebingtinggi, Marapusuk Siregar menyerahkan Sertifikat Nomor Induk Koperasi (SNIK) serta memberikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi yang ada di Kota Tebingtinggi.

Dalam sambutannya yang disampaikan Pj Sekda Kota Tebingtinggi, Marapusuk Siregar Walikota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan mengatakan seluruh anggota Koperasi harus merasa memiliki terhadap koperasi tersebut dan koperasi itu dibentuk untuk memakmurkan Koperasi.

“ Kami mengharapkan agar Kadis Perdagangan Kota Tebingtinggi supaya memberi perhatian dan pendampingan agar koperasi di kota ini mampu tumbuh dan berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat guna mengurangi tingkat kemiskinan,” katanya.

Sementara itu,  perwakilan Dekopinwil Sumut, Justinus Tamba ST Msi mengatakan sesuai data yang mereka miliki Kota Tebingtinggi ini berada di urutan kedua dalam indeks pembangunan manusia.

“ Ini membuktikan bahwa koperasi sangat berperan dalam pembangunan secara nasional,” katanya.

Pemko Tebingtinggi, katanya, harus membuat Peraturan Daerah yang bertujuan untuk melindungi dan mengayomi koperasi simpan pinjam yang ada di kota ini.

“ Saya apresiasi terhadap Pemko Tebingtinggi yang telah memberikan penghargaan dan SNIK kepada koperasi yang berprestasi, salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap koperasi berani membuat sertifikasi bagi para penggiat dan terutama para manajernya, supaya pengelolaan koperasi itu bisa secara profesional,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa thema Peringatan Hari Koperasi tahun 2018 ini dapat disimpulkan bahwa Koperasi merupakan Obat Kuat  perekonomian masyarakat Tebingtinggi.

Sementara itu, Mardiana SE MSi dari Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Sumatera Utara mengatakan, dengan hadirnya koperasi-koperasi di Kota Tebingtinggi, telah memberikan multi player effect bagi Pemko Tebing Tinggi salah satunya membantu masyarakat  khususnya para pelaku usaha mikro dalam permodalan.

Ia juga menyebutkan sedikit kecewa lantaran dalam nomenklatur dari dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM tidak tercantum di dalamnya kata koperasi, hal tersebut terkesan bahwa seolah-olah tidak ada dinas yang membidangi koperasi di kota ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kota Tebing Tinggi, Gul Bakhri Siregar SIP Msi mengatakan dalam era digital sekarang ini, koperasi merupakan pilar kekuatan ekonomi dalam meningkatkan dan mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat, untuk itu para penggiat koperasi harus berani membuka diri sesuai perkembangan jaman untuk melayani para anggotanya.

Ia menyebutkan sebelum melaksanakan Hari Koperasi ini pihaknya pada tanggal 29 Oktober 2018 lalu  telah memberikan bantuan sembako ke panti asuhan sebagai bentuk wujud nyata kepedulian sosial koperasi kepada para anak yatim.

Gul Bakhri yang juga ketua panitia menyebutkan bahwa tahun 2018 ini dari 228 koperasi pihaknya telah melakukan penilaian terhadap Koperasi berprestasi. (Jan)

Post a Comment

Blogger Disqus