Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



ASAHAN, Realitasnews.com - Sebanyak 33 group siswa/i Sekolah Dasar (SD) se Kabupaten Asahan mengikuti Festival Kearifan lokal Tari Gubang tingkat Sekolah Dasar (SD) yang digelar Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan melalui Bidang Kebudayaan di Aula Dinas setempat, Rabu (21/11/2018).

Ketua Panitia kegiatan, Khairani dalam laporannya mengatakan peserta tari gubang tingkat SD Tahun 2018 di ikuti 33 Grup dengan jumlah 1 Grup sebanyak 6 orang.

"Jadi jumlah pesertanya sebanyak 198 orang dan kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 21 hingga 23 November 2018," katanya.

Festival ini dibuka oleh Kabid Kebudayaan, H Syamsuddin mewakili Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Asmunan, SPd.

Festival Kearifan lokal Tari Gubang tingkat Sekolah Dasar (SD) ini mengambil thema "Melalui Pelestarian Budaya Asahan kita Perkenalkan Budaya Asahan Kepada Dunia" 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Asmunan, SPd yang disampaikan oleh Kabid Kebudayaan, H Syamsuddin mengatakan tujuan digelarnya kegiatan Festival tari Gubang ini adalah yang pertama untuk memelihara dan menumbuh kembangkan semangat mencintai Budaya lokal Asahan Bagi Generasi Muda. Yang kedua untuk meningkatkan kreatifitas siswa dalam seni tari gubang dalam rangka pengutan budaya. Yang ketiga untuk menumbuhkan kebersamaan dan persaudaraan sesama pelajar peserta tari Gubang Asahan 

"Semoga dengan digelarnya kegiatan ini  generasi muda dapat terhindar dari penyalahgunaan narkoba dan kejahatan kriminal, " katanya.

Selain itu, katanya, kegiatan ini untuk mewujudkan dan visi kabupaten Asahan mewujudkan masyarakatnya yang religius,  sehat cerdas dan mandiri.

" Kami himbau agar kepala sekolah agar tari Gubang ini dilaksanakan berkelanjutan di sekolah masing masing, kalau bisa tari gubang ini dapat menggantikan senam di Sekolah," katanya.

Menyikapi hal tersebut Kepala SDN 010086 Selawan, Umar Halim Siregar mengatakan bahwa dirinya sangat mendukung kegitan yang positif seperti ini, semoga kegiatan ini kedepanya dapat lebih di tingkatkan sehingga budaya Asahan dapat terus terpelihara.

Amatan wartawan tampak setiap peserta sangat bersemangat membawakan tari Gubang tersebut, kelenturan jemari mereka membuat para pengunjung bertepuk tangan memberikan aplaus. (Nes)

Posting Komentar

Disqus