Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN, Realitasnews.com
–  Pemkab Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Asahan menggelar sosialisasi Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) di Aula Hotel Marina Kisaran, Jum'at (29/03/2019).

Sosialisasi IPLT ini diikuti 100 orang peserta yang berasal dari 25 kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Asahan tujuannya agar masyarakat mengetahui peran dari IPLT untuk meningkatkan kesehatan lingkungan.

Dalam sambutannya yang disampaikan Staf Ahli, Asmunan SPd, Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mengatakan bahwa pemahaman tentang IPLT sangat perlu agar masyarakat membangun septic tanknya sesuai standard yang diinginkan sehingga tidak mencemari sumber mata air.

Dengan demikian akan tercipta lingkungan yang bersih dan dapat mewujudkan visi pemkab Asahan untuk mewujudkan masyarakatnya yang reliqius, sehat, cerdas dan mandiri.

Bupati Asahan juga menyebutkan bahwa Pemkab Asahan memiliki IPLT di Jalan Terong Kelurahan Siumbut Umbut Kecamatan Kota Kisaran Timur dan telah beroperasi sejak tahun 2017 lalu namun pemanfaatannya belum maksimal lantaran kendaraan operasional sedot tinja yang belum memadai.
 

“ Saya mengharapkan seluruh peserta mengikuti sosialisasi ini dengan serius untuk mengetahui pengelolaan lumpur tinja yang tepat guna dan ramah lingkungan sehingga dapat membuat masyarakat lebih sehat,” katanya.

Jika lumpur tinja diperhatikan dengan benar, katanya, maka akan meminalisir timbulnya bibit bibit penyakit yang bersumber dari kotoran manusia seperti diarea, kolera, disentri, cacingan dan sebagainya.

 
Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Perkim kabupaten Asahan, M Azmy Ismail AP MSi yang menyebutkan bahwa tujuan sosialisasi ini untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat dan peran IPLT kepada masyarakat.

“Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi ini para peserta dapat menularkan pengetahuannya ke masyarakat agar dapat meningkatkan kesadaran masayrakat dalam upaya penyehatan lingkungan dengan pemanfaatan IPLT dan meningkatkan penerapan dan inovasi dalam mengoptimalkan kinerja IPLT melalui layanan lumpur tinja,” katanya.

Dalam sosialisasi IPLT ini panitia menghadirkan nara sumber diantaranya :  
  • Elyda Hanum selaku Kasi Kesehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan memberikan materi tentang , peranan IPLT dalam meningkatkan kesehatan lingkungan.
     
  • Dinas PUPR materi implementasi Perda tentang bangunan dan gedung,
     
  • Joni Pardamean Barus SE selaku Kabid Tata Lingkungan Dinas LH kabupaten Asahan memberikan materi tentang Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja dan kaitannya terhadap pencernaan lingkungan hidup.
     
  • Abdul Hasyim Pohan SAg selaku Kabid pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  memberikan materi tentang peranan Dinas dalam pemberdayaan keluarga sehat dan sejahtera,
     
  • Dinas Perkim M Azmy Ismail, AP memberikan materi tentang peranan pemerintah dalam upaya menciptakan sarana dan prasarana lingkungan permukiman dibidang pengelolaan lumpur tinja.
Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Kasi Pembangunan Masyarakat Kecamatan, PTPN III, PTPN IV dan PT Lonsum.
 
 (Nes).

Post a Comment

Blogger Disqus