Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

TPAKD Kota Tebingtinggi Terpilih Menjadi Salah Satu Nominator TPAKD Award 2021
Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M didampingi Sekdako Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP Mengikuti Virtual Assessment Dengan Tim penilai utama TPAKD Award 2021 di Ruang Kerja Balai Kota,  Selasa (23/11/2021) (Fhoto : Janes) .


TEBINGTINGGI, Realitasnews.com –  Bertempat di Ruang Kerja Balai Kota,  Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M didampingi Sekdako Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP mengikuti Virtual Assessment yang digelar Tim penilai utama TPAKD Award 2021 pada Selasa (23/11/2021).

Kegiatan itu juga dihadiri oleh  Kabag Perekonomian dan SDA Zahidin, S.Pd., M.Pd., Kabid Aptika Diskominfo M. Hamdani mewakili Kadis Kominfo, Kabid BPKPD Zakaria mewakili Kaban BPKPD dan Kasubbag Perekonomian Safarina.

Tim penilai utama tersebut terdiri dari perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, World Bank serta Akademisi Universitas Indonesia (UI).

Virtual itu digelar tim penilai utama lantaran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Tebingtinggi ditetapkan sebagai salah satu nominator TPAKD Award tahun 2021.

Tim penilai utama TPAKD Award 2021 tersebut menggelar Virtual Assessment kepada Tim Pengarah dan Pengurus TPAKD Kota Tebing Tinggi, Selasa (23/11/2021) dan diikuti Pemerintah Kota Tebing Tinggi secara virtual.

Wali Kota Tebing Tinggi Ir. H. Umar Zunaidi Hasibuan, M.M. dalam paparannya kepada tim penilai utama menyampaikan bahwa TPAKD tahun 2020 terdiri dari rapat koordinasi, business matching, One Student One Account (OSOA) dan digitalisasi UMKM.

Sementara realisasi tahun 2021 terdiri dari ; UMKM Go Digital (fasilitas UMKM untuk pemasaran digital/e-commerce dan perluasan pemanfaatan pembayaran digital/Qris), UMKM Naik Kelas (kredit/ pembayaran melawan rentenir sebanyak 2.589 debitur, penginputan dan fasilitas KUR untuk UMKM sebanyak 104 debitur), UMKM Go Eksport (sebanyak 3 UMKM dan sertifikat hak properti UMKM yang dapat dijadikan agunan kredit sebanyak 281 sertifikat program PTSL gratis oleh BPN Kota Tebing Tinggi), One Village One Agent (perluasan penyebaran agen laku pandai bank disetiap Kelurahan dan pengembangan pariwisata), dan Satu Rekening Satu Pelajar (pemetaan pelajar yang memiliki rekening, kolaborasi agen laku pandai dan sekolah, hari Indonesia menabung yang digelar dengan webinar).

Wali Kota juga menyampaikan langkah-langkah penguatan kapasitas dan kinerja TPAKD dilakukan secara terus-menerus dan berkesinambungan, diantaranya dengan pembuatan website TPAKD, publikasi kegiatan TPAKD, melaksanakan rapat pleno yang dipimpin langsung oleh Wali Kota, melaksanakan 11 kegiatan rapat penguatan kompetensi anggota TPAKD, monitoring dan evaluasi TPAKD melalui SITPAKD dan kampanye bulan inklusi keuangan.

Adapun progran unggulan TPAKD Kota Tebing Tinggi ialah kolaborasi Agen Laku Pandai dengan simpanan pelajar dan UMKM Go Digital (MU TRANS).

"Kami juga memerlukan bimbingan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kemendagri, OJK, World Bank Indonesia ataupun dari TPKAD Pusat dan TPKAD provinsi, untuk kami agar lebih konsisten," ucap Wali Kota mengakhiri paparannya.

Sesi diakhiri dengan tanya jawab dan hasil asessment akan diumumkan dalam Rakornas TPAKD pada bulan Desember 2021.
 (Jan)

Posting Komentar

Disqus