Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Bupati dan Wakil Bupati Asahan Hadiri Pelantikan Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan
Bupati Asahan H Surya Bsc Menandatangani Ulos Pelantikan Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan di Sopo Godang Tabagsel, Sabtu (27/11/2921) (Fhoto : Ist)

ASAHAN, Realitasnews.com - Kehadiran Bupati dan Wakil Bupati beserta istri di Sopo Godang Tabagsel disambut dengan upacara adat pemberian Ulos sebagai wujud  kebesaran hati  masyarakat Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) yang ada di kabupaten Asahan atas hadirnya orang nomor satu tersebut di Bagas kebesaran masyarakat Tabagsel.

Dalihan Natolu , adalah hubungan kekerabatan dalam masyarakat  Tapanuli Bagian Selatan, yang konon sudah berabad-abad melekat dalam kehidupan orang Tapanuli Bagian Selatan. Sebagai fondasi filosofis kekerabatan, sudah cukup dikenal di Nusantara, bahkan di luar Nusantara. Tak lekang oleh terik matahari, tak luntur diguyur hujan, prinsip dasar kekerabatan ini mengikat orang Batak Tapanuli Bagian Selatan dimana pun berada. Zaman boleh saja berubah oleh kemajuan teknologi, namun tidak tergoyahkan selama suku Batak ada di dunia.

Barangkali, dalam konteks melestarikan fondasi kekerabatan itulah masyarakat Tapanuli Bagian Selatan yang bermukim di Tanah Melayu Kabupaten Asahan mendirikan Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan yang mengikat kekerabatan terhadap warga Tabagsel dan  lebih jauh untuk menjalin keguyuban antar etnis,   hal ini telah dibuktikan masyarakat Tabagsel dimanapun berada selalu dapat menempatkan diri dengan masyarakat dimana dia berada  disamping itu lembaga ini juga diharapkan menjadi mitra pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan Visi Misinya.

Hal tersebut disampaikan Hatobangon Tabagsel Drs. H. Syafruddin Harahap, MSi  saat memberikan sambutan usai melantik  Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan bertempat di Sopo Godang Tabagsel, Sabtu (27/11/2921).

Pelantikan juga turut dihadiri Bupati Asahan H. Surya BSc beserta Istri, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi beserta Istri, Sekdakab Asahan Drs. John Hardi Nasution, MSi, OPD, Ketua dan Pengurus Etnis, dan Undangan lainnya.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya menyampaikan keberadaan Etnis di Kabupaten Asahan sangat memberikan makna yang positif dalam memberikan masukan demi kemajuan Pembangunan Kabupaten Asahan ke depan.

Bupati juga menyampaikan harapannya kepada Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan yang baru dilantik  agar ikut berperan dalam memutus Mata Rantai Penyebaran Covid 19, dan mensukseskan Program Vaksinasi Covid 19 yang di canangkan pemerintah.

Mengakhiri sambutannya Bupati Asahan menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya Pengurus Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Bagian Selatan Periode 2021-2026.

Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu  Tapanuli Bagian Selatan  terpilih Masa Bhakti 2021-2026  H. Nauli Parlaungan Siregar, SH  menyampaikan, bahwa terpilihnya sebagai Ketua LADN Tapanuli Bagian Selatan  bukan karena lebih hebat, lebih paham, lebih mampu tapi atas kepercayaan dan kerjasama kita semua.

“ Kita sebagai Mitra Pemerintah Kabupaten Asahan  harus ikut mendukung dan berkomitmen  dalam mendukung Program kerja dan Visi Misi Pemerintah Kabupaten Asahan. Mari kita berikan buah fikiran kita terutama dalam mewujudkan Masyarakat Asahan Sejahtera yang religius dan berkarakter,” katanya. (Nes) .


Posting Komentar

Disqus