Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara Kunjungi Kabupaten Asahan
Tim Monitoring Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumut Fhoto Bersama Dengan Pengurus TP PKK Kabupaten Asahan (18/11/2021) (Fhoto : Ist)


ASAHAN, Realitasnews.com - Tim Monitoring Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Asahan dalam rangka Monitoring Pelaksanaan Lomba Desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK, PAAR, UP2K PKK, Hatinya PKK, Iva Test Tahun 2021. Kunjungan kerja ini bertempat di Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis (18/11/2021).

Kedatangan Rombongan Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara disambut secara langsung oleh Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Asahan Ny.Yusnila Indriati Taufik, Wakil Ketua II Ny. Hj. Derlina John Hardi Nasution, Sekretaris Ny. Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar, para Pokja, dan seluruh anggota.

TP PKK Kabupaten Asahan menyambut baik atas kunjungan ini dan mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Monitoring beserta seluruh rombongan. Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi PKK Provinsi Sumatera Utara merupakan kegiatan rutin setiap tahun dalam penilaian kinerja dan keaktifan TP PKK Kabupaten Asahan.

Kehadiran Tim Monitoring ke Kabupaten Asahan tentunya dapat menambah motivasi bagi TP PKK Kabupaten Asahan untuk terus meningkatkan semangat membangun desa dalam rangka menghasilkan visi Pemerintahan Kabupaten Asahan yaitu masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Pada acara tersebut, Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan, Ny. Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar menyampaikan tentang aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK. Sistem Informasi Manajemen adalah suatu proses pengumpulan data secara sistematis sehingga menghasilkan suatu informasi sebagai dasar dalam proses pengambilan keputusan. SIM PKK diharapkan mampu memberi data dan informasi tentang 10 Program Pokok PKK secara cepat, tepat, akurat dan menyeluruh mulai dari tingkat Dasawisma, Desa/ Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota, Provinsi dan tingkat Pusat.

"Di era digital seperti saat ini Teknologi Informasi (TI) menjadi suatu kebutuhan. Melalui aplikasi ini dapat mengoptimalkan dari sisi pengelolaan data dan penyebaran informasi mengenai kegiatan PKK," ujar Sekretaris TP PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Nurasyah Rahmat Hidayat Siregar.

Tujuan dari SIM PKK ini adalah tersedianya data informasi  warga binaan dan kader PKK yang akurat, membantu pemerintah dalam pelaksanaan program pembangunan, serta pembangunan yang tepat sasaran guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Nurasyah menuturkan, TP PKK dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, sampai kota memiliki andil dalam pembangunan di Kabupaten Asahan. Dengan keberadaan aplikasi SIM PKK diharapkan mampu mendorong kinerja kader untuk lebih profesional.

"Semua data terkait PKK akan terintegrasi di aplikasi SIM PKK. Sehingga data-data tersebut menjadi lebih akurat, tepat, dan menyeluruh dari tingkat dasa wisma. Aplikasi SIM PKK berbentuk website dan dapat diakses melalui aplikasi e-PKK," terangnya.

Program dan kegiatan PKK merupakan bagian dari pembangunan nasional yang perlu terus dipacu dan dipercepat sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat. Untuk itu gerakan PKK selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas kinerjanya agar lebih profesional dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada dan berdaya guna. Maka untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola program dan kegiatan khususnya dalam mengoptimalkan pengelolaan 10 program pokok PKK dengan memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya di bidang komunikasi dan informasi dengan menerapkan suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK.

Setelah acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Asahan, Tim Monitoring TP PKK Provinsi Sumatera Utara didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan dan seluruh anggota turut meninjau secara langsung Taman Toga di Sidodadi, Hijau Surya di Sei Renggas, dan ke Kecamatan Buntu Pane untuk melihat Kerajinan tangan yang dihasilkan dari karya masyarakat dan beberapa binaan PKK Kecamatan.
(Nes)

Posting Komentar

Disqus