Ads (728x90)



Dilihat 0 kali

Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Singkep Selatan Diresmikan Bupati Lingga
Bupati Lingga M Nizar Mengunting Pita Meresmikan Pembangunan Fasilitas Air Bersih di Singkep Selatan (19/11/2021) (Fhoto : Jhony)

LINGGA, Realitasnews.com – Pemkab Lingga memperingati HUT Kabupaten Lingga ke 18 pada hari ini, Sabtu (20/11/2021), menjelang HUT Kabupaten Lingga tersebut Bupati Lingga M Nizar bersama Ketua DPRD Lingga Muhammad Nashirudin meresmikan penggunaan sarana air bersih bagi warga masyarakat Desa Marok Kecil, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Kepri pada Jumat (19/11/2021) kemarin.

Saat meresmikan penggunaan sarana air bersih itu, Bupati M Nizar mengatakan dirinya mengapresiasi salah seorang warga yakni Idris yang telah sudi menghibahkan sebagian lahan miliknya untuk pembangunan sarana dan prasarana air bersih untuk kebutuhan masyarakat yang nantinya, akan tersalurkan hingga ke pusat ibu kota Kecamatan Singkep Selatan.

“ Atas nama pribadi yang sekaligus selaku Bupati Lingga sekali lagi mengucapkan terima kasih kepada bapak Idris, karena kerendahan hati bapak  sehingga pembangunan sarana air bersih di Kecamatan Singkep Selatan dapat diwujudkan dan mudah-mudahan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat,” katanya.

Bupati M Nizar jugta mengucapkan terima kasih kepada Kadis, Kabid, Kasi dan para stafnya PU-PR Kabupaten Lingga, karena tanpa usaha dan kerja keras mereka serta mendengarkan kata-kata dari mantan Bupati Lingga yakni H. Alias Wello,  maka ketersediaan sarana air bersih untuk Desa Marok Kecil dan pada umumnya wilayah Kecamatan Singkep Selatan belum tentu dapat terwujud seperti sekarang ini. 

“ Semoga pak Idris beserta keluarga yang telah ihklas menghibahkan lahannya ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat kita disini  dan pahalanya akan mengalir hingga seterusnya," kata  Muhammad Nizar.

Dikatakannya sumber air bersih Desa Marok Kecil bersumber dari anggaran Dana Alokasi Kusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2021 melalui Dinas PU-PR Kabupaten Lingga dari Kementerian PU-PR yang nilainya Rp 8,2 milyar,-  dengan jarak dari sumber mata air mengalir ke tanki penampungan dan sampai ke rumah warga lebih kurang sekitar 16 km dan untuk wilayah Marok Kecil ini paling terpanjang aliran sumber air bersihnya se-kabupaten Lingga. 

“ Alhamdulillah segala upaya yang dilakukan hari ini berbuah manis dan kita sudah meresmikannya,” katanya.

Ia juga meminta kepada masyarakat dan Camat serta Kepala Desa untuk duduk bersama mendiskusikan agar segera menarik meterannya. Beliau juga menyerahkan kepada Kepala Desa dan Camat serta masyarakat untuk pengelolaan air ini apakah melalui BUMDES Desa atau melalui PDAM Kabupaten Lingga.

 “ Untuk tahun 2022 nanti akan dilanjutkan ke Dusun 02 Remik Desa Marok Kecil dan Insa Allah pada tahun 2022 nanti sudah selesai. Dan pembangunan jembatan penghubung desa ada dua di Kecamatan Singkep Selatan yakni satu jembatan berada di Desa Resang dan satunya lagi yang berada di Desa Marok Kecil ini,” katanya.

“  Namun dari dua jembatan tersebut, kita dahulukan di Desa Marok Kecil ini dengan baku anggaran hingga tuntas sebesar Rp 5 miliar,- namun sistem pekerjaannya bertahap dan tahap pertama tahun 2022 ini, pekerjaan jembatan penghubung kita anggarkan sebesar Rp 1,5  miliar dan Insa Allah dikerjakan sebanyak dua tahap hingga tuntas, “tutup Muhammad Nizar.

Dikesempatan giat peresmian sarana air bersih yang digelar, mewakili seluruh masyarakat, Kepala Desa Rusli, perwakilan Tokoh masyarakat Idris, dan Camat Singkep Selatan Sabirin S.IP mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemkab Lingga melalui dinas PU-PR nya, atas terealisasinya sumber sarana air bersih untuk kebutuhan warga masyarakat Desa Marok Kecil khususnya dan Kecamatan Singkep Selatan pada umumnya. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi lll DPRD Lingga Januar, Plt. Kepala dinas (Kadis) PU-PR beserta jajaran, Kepala dinas (Kadis) Kabupaten Lingga, Selamat, Camat Singkep Selatan, Sabirin SIP beserta jajaran, Kabag Hukum Pemkab Lingga.

Turut hadir juga, Ketua PKK Kabupaten Lingga Maratusholiha beserta anggota, Ketua HSNI Kabupaten Lingga Ruslan, Kepala Desa Resang Hanapi, Kepala Desa Marok Kecil Rusdi beserta jajaran, Ketua BPD Desa Marok Kecil beserta anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan turut hadir juga para Mahasiswa dari Universitas STEI Bengkalis yang sedang melakukan aktivitas KKM di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, dan para tamu undangan lainnya termasuk perwakilan warga masyarakat Desa Marok Kecil.    (JH)


Post a Comment

Disqus