Ads (728x90)



Dilihat 0 kali

Keripik Kelamud Akan Menjadi Produk Unggulan Desa Resang
Mahasiswi Kampus Syari'ah STEI Bengkalis Fhoto Bersama Dengan Ketua Kelompok PKK Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga, Minggu (21/11/2021) (Fhoto : Jhoni)


LINGGA, Realitasnews.com  - Dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan, Kabupaten Lingga. Mahasiswi dari kampus Syari'ah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Bengkalis, Provinsi Riau bersama kelompok PKK Desa berkarya membuat cemilan kripik kelamud (kelapa muda).

Saat ditemui awak media, Aziz selaku ketua kelompok Mahasiswa KKM yang dalam hal ini diwakili rekan Mahasiswinya, Rizki Audina Putri, Febri Yanti dan Sona pada Minggu (21/11/2021) mengatakan mereka mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STIE) Kampus Kampus Syari'ah Bengkalis, Provinsi Riau. Dan untuk jumlah keseluruhan melaksanakan KKM di Kabupaten Lingga ada 21 orang yang dibagi tiga kelompok dan tiga desa.

Rizki Audina Putri menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) ini dilaksanakan selama 12 hari terhitung sejak tanggal 18 November dan akan berakhir pada 23 November 2021 nanti. Dari tiga kelompok yang berada di kabupaten Lingga  pada saat ini, Selain kelompok mereka ada juga kelompok di Desa Sungai Raya, dan Desa Sedamai.

Lebih lanjut Rizki Audina Putri menjelaskan, terkhusus kelompok mereka yang diketuai Aziz dalam menjalankan tugas KKM di Desa Resang ini mencoba sedikit berbagi pengalaman membuat makanan cemilan yang bernama "Keripik Kelamud (Kelapa Muda)" dengan bahan baku kelapa setengah muda.
“ Insya Allah nanti ke depan jika dikembangkan oleh kelompok PKK akan dapat membantu penambahan pendapatan ekonomi rumah tangga dan keluarga,” katanya.

" Semoga dengan inovasi produk dari bahan yang sederhana dengan modal yang cukup terjangkau bisa menjadi acuan produk kewirausahaan untuk masyarakat desa Resang dalam menghadapi Strategi Meningkatkan UMKM atau jiwa kewirausahaan sebagai tambahan perekonomian desa Resang inovasi penciptaan produk baru dari mahasiswa KKM ini pun sudah terakui oleh pihak civitas kampus STIE Syariah Bengkalis", tutupnya.

Selanjutnya ditempat terpisah, Kepala Desa Resang, Hanapi mengatakan keripik kelamud ini akan dikembangkan melalui pintu usaha BUMDES dan akan dijadikan produk makanan cemilan UMKM Desa Resang.
 "Insa allah Keripik Kelamud hasil karya dari adik-adik mahasiswa bersama kelompok PKK Desa Resang ini akan tetap berkelanjutan dan nanti akan kita kembangkan dari kelompok PKK melalui pintu usaha BUMDES  dan akan kita jadikan Prodak makanan cemilan UMKM Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan,"ucap Kades.

"Kami selaku pihak pemerintahan desa yang mewakili seluruh warga masyarakat Desa Resang mengucapkan terima kasih kepada kelompok mahasiswa yang hadir dalam kegiatan KKM, karena tanpa kehadiran mereka, dan meski bahan baku sangat mudah kita dapatkan. Namun kita akui bahwa selama ini belum terpikir oleh kita untuk membuat kripik Kelamud (Kelapa muda) ini," tutup Hanapi.      (JH)

Post a Comment

Disqus