Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Penumpang Padat Petugas Pelabuhan Kewalahan Mengatur Sepeda Motor dan Mobil Masuk Ke dalam Kapal Roro (Foto : Realitasnews.com)
BATAM, Realitasnews.com - Pada H + 1 hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah ratusan penumpang telah memadati Pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Telaga Punggur untuk menyeberang ke Tanjung Uban, Bintan.

Sejak Jumat (8/7/16) pagi antrian penumpang membludak untuk masuk ke dalam kapal  roll-on-roll off ( roro ) tujuan Tanjung Uban, Bintan. Padatnya penumpang membuat petugas pelabuhan ASDP Telaga Punggur,Batam kewalahan mengatur untuk memasukkan sepeda motor dan mobil ke dalam kapal roro

Di depan pintu gerbang pelabuhan ASDP Telaga Punggur antrian mobil "mengular" sangat panjang hampir satu kilometer.

Petugas pelabuhan ASDP di bantu dengan polisi terpaksa melakukan buka tutup pintu pelabuhan untuk mengatur mobil masuk.

Petugas Pelabuhan ASDP Melakukan Buka Tutup Pintu Pelabuhan Untuk Mengatur Mobil Masuk  (Foto : Realitasnews.com).
Dari pantauan realitasnews.com dari ratusan antrian mobil tidak di temukan truck pengangkut sembako dan barang.

"Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi "tumpukan" mobil yang akan berangkat ke Tanjung Uban," kata Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Endin Juhaendi saat di temui Realitasnews.com di ruang kerjanya

Hingga Jumat siang, di perkirakan lebih dari seribu kendaraan sepeda motor dan mobil yang menyeberang ke Tanjung Uban, Bintan.

Demikian juga dengan penumpang yang datang dari Tanjung Uban, Bintan ke pelabuhan Telaga Punggur, Batam diperkirakan lebih dari seribu kenderaan.

Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Batam, Endin Juhaendi menyebutkan pada hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah lonjakan penumpang sudah mulai terlihat.

Pada hari Raya Idul Fitri 1437, lanjut Endin penumpang dari pelabuhan Telaga Punggur, Batam ke Tanjung Uban, Bintan ada sebanyak 2756 orang, sepeda motor sebanyak 769 unit, mobil sebanyak 266 unit.

"Angka ini lebih tinggi di banding dengan tahun 2015 lalu, penumpang sebanyak 2.042 orang, sepeda motor sebanyak 554 unit, mobil sebanyak 173 unit, " jelas Endin.

Sedangkan penumpang yang datang dari pelabuhan Tanjung Uban, Bintan ke pelabuhan Telaga Punggur, Batam, penumpang sebanyak 1700 orang, sepeda motor sebanyak 360 unit, mobil sebanyak 170 unit.

"Angka ini juga lebih tinggi jika di bandingkan tahun 2015 lalu, penumpang sebanyak 1.053 orang, sepeda motor sebanyak 295 unit sedangkan mobil sebanyak 111 unit," jelas Endin. 

Pada hari Raya Idul Fitri 1437 ke dua, masih menurut Endin, lonjakan penumpang semakin tinggi hingga dua kali lipat , penumpang sebanyak 4.990 orang, sepeda motor sebanyak 1219 unit dan mobil sebanyak 392 unit.

"Sedangkan tahun 2015 lalu, penumpang sebanyak 3.881 orang, sepeda motor sebanyak 855 unit dan mobil sebanyak 328 unit," ujarNya

Untuk penumpang yang datang dari pelabuhan Tanjung Uban, Bintan ke pelabuhan Telaga Punggur, Batam pada Idul Fitri 1437 ke dua, penumpang sebanyak 4255 orang, sepeda motor sebanyak 1.035 unit, mobil sebanyak 356 unit.

Jika dibandingkan dengan tahun 2015 lalu, lanjut Endin, angka tersebut lebih tinggi, untuk penumpang ada sebanyak 2622 orang, sepeda motor sebanyak 522 unit sedangkan mobil sebanyak 297 unit.

Penumpang yang keluar masuk melalui pelabuhan ASDP  Telaga Punggur hanya sebagian kecil saja pemudik, sebagian besar penumpang yang akan berkunjung bersilahturahmi tempat sanak familinya.

"Penumpang yang datang ke Batam kemungkinan besar untuk shopping shpping sedangkan penumpang yang ke Bintan mereka akan bertamasya ke Lagoi atau ke tempat wisata lainnya di Bintan," ujar Endin.

Diperkirakan, lanjut Dia, lonjakan penumpang akan terjadi hingga pada H plus 3. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pola operasi dilakukan setiap satu jam sekali dari pukul 17 wib hingga pukul 20 wib.

“Ngak perlu sampai satu jam sekali jika telah penuh dalam waktu 40 menit kapal roro akan kita berangkatkan mas," ujar Endin (766 HI)