Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali


SERGAI, Realitasnews.com -  Inspektorat selaku APIP sebelumnya hanya berperan sebagai Watchdog (penjaga/pengawas) namun saat ini dituntut untuk dapat berperan sebagai Quality Assurance (penjamin kualitas) serta Consulting (Konsultan) bagi organisasi.

Untuk mewujudkan hal tersebut Inspektorat Kabupaten Sergai melakukan pelatihan untuk  meningkatkan Pemahaman Penyusunan Program Kerja Pengawasan Tahunan  (PKPT) yang dilaksanakan  di Hotel Sibayak Berastagi Kabupaten Karo, Selasa (12/11/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu Kabid APD BPKP Perwakilan Sumut, Darmawan, serta peserta yang berasal dari Inspektorat Sergai

Wabup Sergai H Darma Wijaya mengatakan dengan berjalannya reformasi birokrasi, telah terjadi perubahan paradigma pengawasan terhadap pemerintah daerah.  Inspektorat selaku APIP kini dituntut sebagai Quality Assurance (penjamin kualitas) serta Consulting (Konsultan).

Selain itu APIP dalam hal pelaksanaan pengawasan juga harus dapat memetakan resiko-resiko apa yang perlu mendapatkan perhatian dimana hal tersebut menjadi titik kritis dalam pencapaian visi dan misi daerah.

Hanya Inspektorat satu-satunya dari organisasi perangkat daerah yang secara rutin setiap tahunnya melakukan upaya pengembangan kompetensi SDM melalui pelatihan ini.

Bupati Sergai mengharapkan agar pelatihan ini semakin memperkuat kerjasama dan semangat kita dalam meningkatkan kegiatan pelatihan kantor sendiri, pengawasan internal pemerintah daerah, khususnya dalam rangka peningkatan kapabilitas APIP dan kapasitas auditor di Pemkab Sergai.

“ Berbagai pencapaian telah berhasil kita raih pada tahun 2019 ini, akan tetapi beliau  mengingatkan agar semua pihak tidak cepat berpuas diri, melainkan semakin arif dalam melakukan intropeksi terhadap berbagai kelemahan yang ada untuk perbaikan ditahun-tahun mendatang,” katanya.

Wabup Sergai berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman terhadap pengawasan berbasis kinerja menjadi semakin baik sehingga diperoleh langkah-langkah yang kongkrit dalam upaya meningkatkan system pengendalian intern yang efektif dan efisien. Keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan guna tercapai tujuan organisasi.

Sementara itu Inspektur Sergai H Gustian, SE, MM, Ak,CA dalam laporannya mengatakan  tujuan dilaksanakannya kegiatan ini agar kedepannya Inspektorat Sergai dapat melaksanakan audit kinerja dan penyusunan PKPT berbasis resiko sehingga terwujud program kegiatan yang efektif  dan efisien. Sedangkan kegiatan ini digelar selama empat hari mulai hari Selasa-Jumat tanggal 12-15 November 2019.

(Red/Jan)

Posting Komentar

Disqus