Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



ASAHAN, Realitasnews.com
– Mengawali pembukaan Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan Tahun 2019, Gubernur Sumatera, Edy Rahmayadi bersama dengan Pangdam I/Bukit Barisan, Bupati Asahan, Bupati Batu Bara, Walikota Tanjung Balai, Unsur Forkopimda Kab. Asahan, Sekretaris Daerah Kab. Asahan, OPD, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Ketua TP PKK Kab. Asahan dan tamu undangan melepas parade etnis yang terdiri dari 14 etnis yakni etnis Pak Pak, Karo, Jawa, Nias, Batak Toba, Aceh, Tabagsel, Tionghoa, India, Simalugun, Sunda, Banjar, Minang dan Melayu.

Setelah melepas parade 14 etnis ini, Gubsu, Bupati Asahan beserta rombongan menuju lokasi PSBD yang berada di Jalan Terminal Madya Kisaran untuk membuka secara resmi acara PSBD Kab. Asahan Tahun 2019, Kamis (21/11/2019).

Ketua Panitia Penyelenggara Rianto, SH, MAP dalam laporannya mengatakan kegiatan ini digelar dua tahun sekali, diikuti 14 etnis yang ada di Kabupaten Asahan yang tergabung dalam Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kabupaten Asahan

Kegiatan PSBD kabupaten Asahan tahun 2019 ini merupakan yang ke IV, dan selama 14 hari setiap etnis akan menampilkan pertunjukan kebudayaannya dan keseniannya masing-masing.

Lebih lanjut dikatakannya dasar kegiatan ini adalah Keputusan Bupati nomor 356-DISDIK tahun 2009 tentang pembentukan Forkala kabupaten Asahan.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada 14 etnis yang telah mensukseskan kegiatan ini dan telah menampilkan rumah adat setiap peserta dan mempertunjukkan kebudayaan dan keseniannya masing-masing selama 14 hari.

 

Kegiatan ini digelar untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada di masyarakat, hal ini sesuai UU RI nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan yang objeknya antara lain tradisi dan seni.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi Pemerintah Kab. Asahan yang telah mendukung pelaksanaan PSBD Kab. Asahan Tahun 2019 yang rutin dilaksanakan 2 tahun sekali di Kab. Asahan.

Beliau juga menyampaikan bahwa Kabupaten Asahan merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Utara yang melestarikan seni budaya dengan cara menggelar PSBD yang mana kegiatan ini diikuti oleh seluruh etnis yang ada di Kab. Asahan.

"Saya yakin bahwa Kab. Asahan merupakan salah satu Kabupaten yang mencintai dan dapat melestarikan seni budaya yang ada di Indonesia khususnya di Kab. Asahan", ucapnya.

Diakhir bimbingan dan arahannya beliau menyampaikan agar dapat membesarkan dan mengevaluasi kegiatan PSBD ini untuk dapat menjadi lebih baik lagi kedepannya, karena kegiatan ini sangat berguna dalam melestarikan seni budaya kepada anak cucu kita.

Kegiatan ini juga dirangkai dengan pelepasan balon menandakan pelaksanaan PSBD Kab. Asahan Tahun 2019 telah dibuka dan penampilan kesenian dari beberapa etnis.

(Nes)

Posting Komentar

Disqus