Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Realitasnews.com
– Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menghadiri lomba senam peregangan dan pelayanan kesehatan (Posbindu PTM, penyuluhan kesehatan) dan pijat refleksi yang digelar Pemkab Sergai dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-55 yang dilaksanakan di lapangan apel Komplek Kantor Bupati, Kamis (28/11/2019).

Kegiatan yang mengusung thema “Generasi Sehat Indonesia Unggul” juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sergai dr. M. Riski Ramadhan, S.H,  Sekdakab Sergai  H. M. Faisal Hasrimy A.P., M.A.P., para kepala OPD, Camat se-Kabupaten Sergai, Kepala Puskesmas se-Kabupaten Sergai serta para tenaga kesehatan se-Sergai.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto dalam sambutannya yang disampaikan oleh Wabup Sergai Darma Wijaya mengatakan ada dua isu kesehatan utama yang menjadi arahan Presiden Joko Widodo untuk segera diselesaikan, yaitu Stunting dan “Jaminan Kesehatan Nasional.” Hal ini menjadi penting karena fokus arah pembangunan adalah membangun Sumber Daya Manusia Indonesia yang berkualitas.

“Selain itu ada dua isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan serta masih rendahnya penggunaan alat kesehatan buatan dalam negeri.
Hal-hal tersebut akan  menjaadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” katanya.

Terawan juga menyampaikan pada lima tahun Kabinet Indonesia Kerja 2015-2019, pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu “paradigma sehat”, “penguatan akses pelayanan kesehatan” dan “penyediaan biaya Jaminan Kesehatan Nasional” yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau “Gerakan Masyarakat Hidup SEHAT”, PIS-PK atau “Program Indonesa Sehat dengan Pendekatan Keluarga” dan NS atau “Nusantara Sehat”.

“Kita patut bangga bahwa pembangunan kesehatan dalam lima tahun terakhir ini kian dirasakan manfaatnya. Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan di tanah air,” ingat Terawan.

Terakhir Terawan melalui Wabup Darma Wijaya menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para insan kesehatan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada segenap jajaran kesehatan, jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh masyarakat yang telah bahu membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan “Generasi Sehat Indonesia Unggul," tandasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Bulan Simanungkalit, M. Kes dalam laporannya mengatakan  tujuan kegiatan ini adalah memprioritaskan pembangunan Sumber Daya Manusia sesuai dengan arahan presiden Republik Indonesia.
Ia menyebutkan acara ini dihadiri kurang lebih 600 orang yang terdiri dari pimpinan OPD, jajaran Dinas Kesehatan dan Lintas Sektoral.

Kadinkes menyampaikan jika momen HKN dapat dijadikan semangat untuk mencapai target capaian kinerja yang harus diraih seperti Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Ia mengatakan untuk mencapai itu dibutuhkan keseriusan dari seluruh jajaran kesehatan ataupun lintas sektoral.

(Red/Jan)

Post a Comment

Disqus