Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali

Fhoto : Istimewa
BATAM, Realitasnews.com – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad akan menunjukkan kebolehannya berpuisi di panggung Kenduri Seni Melayu (KSM) 2019 yang digelar untuk memeriahkan Hari Jadi ke-190 Kota Batam tahun 2019 ini. KSM itu akan digelar dari tanggal 11-13 Desember di Dataran Engku Putri Batam Centre, Batam.

“ KSM ke-20 ini juga akan menampilkan orang nomor 2 di Kota Batam. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad akan menunjukkan kebolehannya berpuisi di panggung KSM 2019,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam Centre belum lama ini.

Beliau menyebutkan kemeriahan KSM tidak hanya hanya dari Kota Batam,  juga diisi pelaku seni dari kota/kabupaten lain di Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

“ Penampil dari negara serumpun seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, dan Myanmar juga ikut ambil bagian. Tak ketinggalan seniman dari negeri beruang putih, Rusia,” katanya.

Ia mengatakan kesenian yang dipersembahkan beragam. Mulai dari tari, musik, sampai puisi. Tak cuma bernuansa melayu tapi juga kesenian nusantara.

Ardiwinata yang akrab disapa Ardi juga menyebutkan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-190 Kota Batam tahun 2019 ini, berbagai paguyuban daerah akan mengikuti Batam Night Carnival  yang akan digelar di Dataran Engku Hamidah, di Jalan Raja Haji Fisabilillah, Sabtu (14/12/2019).

“Sepanjang jalan depan Edukits sampai bundaran Madani sudah terpasang lampu hias. Kita menggandeng paguyuban. Dan karena ini malam, kita minta peserta juga bisa menghias pakaian karnavalnya dengan lampu-lampu. Supaya lebih semarak,” katanya.

Dikatakannya thema Hari Jadi Kota Batam tahun ini “Batam Bersatu Menuju Indonesia Maju”. Rangkaian kegiatannya dimulai dari Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah pada 8 November lalu. Kemudian dilanjutkan dengan rangkaian perayaan HUT PGRI sekaligus Hari Guru Nasional.

“Pada tanggal 12 Desember juga akan ada pertunjukan gasing yang dimainkan anak-anak sekolah se-Kota Batam. Ini sekaligus untuk melestarikan kembali permainan tradisional yang sudah mulai ditinggalkan,” kata dia.

Selanjutnya pada 11-18 Desember juga akan digelar Batam Expo dan Pameran Alutsista TNI-Polri di Dataran Engku Putri. Pada 12-14 Desember akan ada kegiatan Batam Aero Modelling and Culture Festival di lokasi yang sama.

“Akan ada pagelaran wayang kulit pada 14 Desember. Dan pemecahan rekor muri gunungan wayang terbesar,” sebutnya.

Ia mengatakan puncak acara akan berlangsung pada 18 Desember. Dengan kegiatan berupa upacara, pertunjukan tari jogi massal, fly fast pesawat tempur TNI AU, atraksi aerobatik RC plane, rapat paripurna istimewa, malam anugerah Batam madani, dan pesta rakyat. (MC/Lian)

Posting Komentar

Disqus