Ads (728x90)

Dilihat 0 kali




ASAHAN, Realitasnews.com – Sebanyak 12 kecamatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan tahun 2019. Setiap kecamatan mengelar Musrenbang di wilayahnya masing - masing seperti yang dilakukan oleh Kecamatan Pulo Bandring mereka menggelar Musrenbang di kantor Camat Pulo Bandring, Asahan, Sumut, Rabu (7/2/2018).

Musrenbang ini digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 7 hingga tanggal 9 Pebruari 2018, musrenbang ini dilaksanakan untuk membahas perkembangan pembangunan infrastruktur desa atau kelurahan.

Bupati Asahan, Drs Taufan Gama Simatupang dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Bappeda Asahan, Zainal Arifin Sinaga mengatakan agar seluruh aparat kecamatan secara terbuka menampung aspirasi pemerintah Desa. Hal ini dilakukan agar visi dan misi pembangunan Kabupaten Asahan dapat tercapai.

Ia menyebutkan program 12/13 dapat menyentuh desa –desa terpencil yang ada di Kabupaten Asahan dan menikmati proses pembangunan dengan program Anggaran Dana Desa.

Musrenbang  ini digelar, katanya, bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan di wilayah Kecamatan dan kegiatan pembangunan yang belum masuk dalam proritas kegiatan Desa/Kelurahan.

Lebih jauh Bupati Asahan menyebutkan pelaksanaan Musrenbang tahun ini merupakan awal penerapan perencanaan pembangunan berbasis e-planning sesuai Permendagri No 86/2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah serta Surat edaran Mendagri No 640/376/SJ tanggal 10 Oktober 2016 tentang penerapan aplikasi e-planning dalam perencanaan pembangunan daerah Propinsi/Kabupaten/Kota. 

Ia mengatakan melalui Aplikasi e-planing ini diharafkan dapat meningkatkan partisipasi dan kepercayaan masyarakat, karena masyarakat dapat secara langsung mengikuti perkembangan usulan yang disampaikan  dengan penyusunan APBD.
Ke 12 Kecamatan yang menggelar Musrenbang itu diantaranya adalah : kecamatan Pulo Bandring, kecamatan Rawang Panca Arga, kecamatan Meranti, kecamatan Simpang Empat, kecamatan Air Batu, kecamatan Aek Songsongan, kecamatan Pulo Rakyat, kecamatan Aek Ledong, kecamatan Bandar Pulau, kecamatan Sei Kepayang Timur, kecamatan Sei Kepayang, dan kecamatan Aek Kuasan

Pelaksanaan Musrenbang ini juga dihadiri oleh Kepala Bappeda, Zainal Arifin Sinaga MH, Wakil Ketua DPRD, Ilham Harahap, SAg, OPD, Camat Pulo Bandring, Kades dan undangan lainnya.

(NES)

Post a Comment

Blogger Disqus