Ads (728x90)


postviews postviews postviews

Dilihat kali



KARIMUN, Realitasnews.com -  Di kabupaten Karimun bakal dibangun Politeknik Kemaritiman di sekitar areal perkemahan Desa Pongkar, Kecamatan Tebing. 

“Jika rencana pembangunan Politeknik Kemaritiman itu diarahkan ke Karimun, maka kita siap untuk menerima itu. Kita bisa menyiapkan lahan, karena kita punya bumi perkemahan di Desa Pongkar,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq saat mendampingi anggota Komisi V DPR RI, Ansar Ahmad melakukan reses di Karimun, Senin (23/12/2019).

Permintaan Pemkab Karimun yang disampaikan Bupati Aunur Rafiq tersebut disambut baik oleh Ansar Ahmad. 

Ansar Ahmad akan mendorong Kementerian Perhubungan melalui Pusdiklat untuk membangun Politeknik Kemaritiman di Karimun. Beliau hanya meminta Pemkab Karimun menyediakan lahan.

“Kita akan dorong pembangunan Politeknik Kemaritiman di Karimun. Jika selama ini orang tua sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk mengkuliahkan anaknya ke Aceh, Semarang dan Tangerang, bahkan Papua saja punya politeknik semacam itu. Malahan, saya baca 98 persen wilayah Kepri merupakan lautan dan hanya 2 persen saja daratan,” ungkap Ansar Ahmad.

Ansar Ahmad menyebut, ada tiga program besar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Pertama mendorong infrastruktur di Karimun terkait mendukung pengembangan investasi dan infrastruktur yang berkaitan dengan konektivitas antar wilayah, mulai dari jalan, jembatan, bandara dan pelabuhan laut.

Kemudian, pihaknya juga mendorong insentif namun tidak dalam bentuk fisik seperti kebijakan, misalnya Free Trade Zone (FTZ) menyeluruh, yang mencakup Batam, Bintan dan Karimun (BBK). Pembahasan FTZ menyeluruh itu sudah disampaikannya dalam rapat fraksi Partai Golkar di DPR RI.

“Dalam rapat Fraksi DPR RI beberapa waktu lalu bersama Airlangga Hartarto, beliau menyampaikan secara langsung kepada saya untuk mengupayakan Batam, Bintan dan Karimun (BBK) masuk dalam FTZ menyeluruh. Nanti, Insya Allah akhir Januari 2020, Pak Airlangga ke Tanjungpinang, nanti saya sama Pak Rafiq akan menindaklanjutinya,” jelas Ansar.

Program ketiga, kata Ansar adalah mendorong Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang maritim atau kelautan. 

Menurut dia, suatu keniscayaan ketika Karimun atau Kepri mesti punya Politeknik yang dibangun oleh Pusdiklat Kementerian Perhubungan. Karena industri kemaritiman berkembang di Karimun, maka sangat cocok Politeknik Kemaritiman itu dibangun di Karimun.

“ Saya bersama Bupati akan mendorong ini dengan menemui k
Kementerian terkait. Hal-hal seperti ini kita memang harus bersama bergandengan tangan. Saya bersyukur, satu-satunya diamanahkan di Komisi V, saya punya kesempatan untuk membantu. Meski tidak semua terpenuhi minimal ada yang harus dibangun di Karimun,” ucap Ansar

Dirinya menjelaskan, langkah pertama pembangunan itu nantinya adalah usulan dari Bupati Karimun. Bahkan, kalau dapat juga ditembus juga ke gubernur Kepri.

(Jup)

Posting Komentar

Disqus